Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Dimulai, Yuk Jaga Kesehatan Kamu dengan Cara Ini

Ilustrasi: Pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa daerah telah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah pun mulai bergeliat kembali di masa pandemi ini.

Kesehatan siswa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan PTM terbatas ini. So, kamu mesti pandai menjaga kesehatan diri.

BACA JUGA:

Nah, berikut beberapa tip agar kamu tetap aman dan sehat selama belajar tatap muka di sekolah. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Cek kondisi tubuh sebelum berangkat

Sebelum berangkat ke sekolah, pastikan kamu selalu mengecek kondisi tubuh. Pastikan suhu tubuh kamu berada di angka 36-37,5 derajat Celcius. Tujuannya, agar kamu tahu kondisi tubuhmu sedang sehat atau tidak. Maka, kamu mesti menyiapkan alat cek suhu tubuh di rumah.

Bila suhu tubuh kamu tinggi, kurang enak badan, atau mengalami gejala kesehatan yang lain, lebih baik kamu tetap belajar di rumah. Jangan lupa minta ijin kepada guru untuk tidak mengikuti pelajaran di sekolah.

Agar tak ketinggalan pelajaran, kamu bisa meminta materi kepada guru atau teman-teman secara online.

Bawa bekal makanan dan peralatan sendiri

Pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan biasanya. Jam istirahat juga biasanya ditiadakan. Kalau pun ada jam istirahat, siswa tak boleh keluar dari kelas untuk menghindari kontak fisik dan kerumunan.

Maka, sebaiknya kamu membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Selain itu, semua peralatan belajar juga sebaiknya kamu bawa sendiri, sehingga tidak perlu meminjam pada teman.

Bawa masker lebih dari satu

Selain makanan dan peralatan belajar, kamu juga mesti mengenakan masker selama PTM di sekolah. Sebaiknya, kamu membawa masker lebih dari satu buah untuk cadangan. Pastikan masker dalam kondisi bersih dan higienis.

Rajin mencuci tangan

Selama pembelajaran tatap muka, sekolah wajib menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan tisu. Dengan fasilitas ini, kamu harus rajin mencuci tangan agar tetap aman dan terhindar dari virus Covid-19.

Cucilah tangan kamu sesering mungkin, seperti sebelum masuk kelas, setelah memegang benda, setelah dari kamar mandi, dan sebagainya.

Selain mencuci tangan menggunakan air dan sabun, sebaiknya kamu juga membawa hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap bersih. Selalu bawa hand sanitizer ke mana pun.

Jaga jarak dengan teman

Selama mengikuti pembelajaran tatap muka, kamu juga harus tetap menjaga jarak dengan orang lain. Paling tidak 1,5 meter saat berinteraksi dengan orang. Hindari berhadap-hadapan dengan orang lain dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini untuk menghindari penularan virus melalui perantara udara. Nggak cuma itu, kamu pun harus menghindari kontak fisik dengan teman ya.

Langsung pulang ke rumah

Nah, ini mungkin yang paling sulit. Jika sudah bertemu dengan teman, bawaannya pasti ingin nongkrong dan ngobrol. Apalagi sudah lama tidak bertemu.

Tapi, hal ini harus kamu hindari. Sebaiknya setelah selesai PTM di sekolah, kamu pulang ke rumah. Hindari nongkrong dan berkerumunan dengan teman-teman.

Jangan terlalu cemas

Wajar jika kamu merasa cemas saat PTM di sekolah. Namun, jangan terlalu khawatir, jika kamu telah melakukan protokol kesehatan dengan tepat. Tetaplah fokus belajar dan selalu menjaga kesehatan diri.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*