Mengenal Beda Jurusan Pendidikan Biologi dan Biologi, Yuk

Ilustrasi: Alasan memilih jurusan Teknobiologi. (Ist.)
Ilustrasi: Alasan memilih jurusan Teknobiologi. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Aspek kehidupan di dalam semesta yang meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan dipelajari di biologi. Di dalam biologi terdapat beberapa cabangnya, tetapi untuk jurusan kuliah, terdapat jurusan pendidikan biologi dan biologi.

Bila kamu berminat untuk mendaftar jurusan ini, inilah perbedaan jurusan pendidikan biologi dan biologi yang harus kamu kenali.

BACA JUGA:

Jurusan Pendidikan Biologi

  • Ruang Lingkup

Jurusan ini mempunyai ruang lingkup seperti fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

  • Pembelajaran

Jurusan pendidikan biologi mempunyai mata kuliah yang membahas tentang pengajaran. Mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini tidak sedetail jurusan biologi murni. Fokus pembelajaran selama kuliah adalah pada kurikulum pembelajaran.

  • Gelar

Gelar yang diperoleh dari akhir jurusan ini adalah Sarjana Pendidikan atau S.Pd.

  • Prospek Kerja

Sesuai dengan namanya, peluang kerja jurusan ini adalah sebagai tenaga pendidik atau pengajar bidang biologi. Meskipun demikian peluang kerja di bidang lain yang terkait dengan biologi tetap terbuka.

  • Praktik

Saat perkuliahan praktik, jurusan ini akan melakukan praktik lapangan sebagai guru atau pengajar di sekolah atau institusi pendidikan lain. Jurusan ini tidak melakukan praktik di laboratorium seperti bayangan awal tentang materi biologi.

Jurusan Biologi

  • Ruang Lingkup

Jurusan biologi murni biasanya berada di bawah jurusan MIPA atau Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Tetapi ada juga perguruan tinggi yang membuka fakultas biologi.

  • Pembelajaran

Mata kuliah yang dipelajari pada jurusan biologi murni ini meliputi hewan, tumbuhan, ekologi, genetika, mikrobiologi, dan lain-lain. Perkuliahannya juga padat dengan praktikum.

  • Gelar

Gelar yang akan didapatkan setelah lulus dari jurusan biologi murni adalah Sarjana Sains atau S.Si.

  • Prospek Kerja

Lulusan biologi murni dapat bekerja sebagai peneliti, pengajar, bekerja di laboratorium, dan lain-lain.

  • Kerja Praktik

Kerja Praktik yang wajib diikuti oleh mahasiswa jurusan biologi dapat dilakukan di lembaga penelitian atau laboratorium. Dengan melakukan kerja praktik di laboratorium, diharapakan lulusan jurusan biologi dapat menjadi ilmuwan yang andal serta mampu mengembangkan keilmuan biologi dengan baik.

Gambaran perbedaan kedua jurusan yang mirip ini dapat memberikan deskripsi sebelum membuat keputusan mendaftar pada jurusan yang tepat. Sesaaat sebelum mendaftar, pastikan dulu jurusan yang dipilih!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*