Pakar Mikrobiologi Esa Unggul: Pelajar dan Mahasiswa juga Harus Divaksinasi

Sharing for Empowerment

Perlu diingat, kebijakan pembelajaran tatap muka di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan negara lain yang memiliki jumlah kasus Covid-19 lebih sedikit dan mitigasi penanggulangan wabahnya lebih baik.

Menurut data yang dilansir worldometers.info, Indonesia menempati peringkat pertama dalam kasus Covid-19 di Asia Tenggara, dan nomor empat di Asia, setelah India, Turki, dan Iran. Indonesia juga menempati urutan pertama dengan kasus yang meninggal karena Covid-19.

Maka, implementasi kebijakan pembelajaran tatap muka ini, perlu memperhatikan kondisi dan kemampuan mitigasi serta pengendalian kasus Covid-19 di setiap daerah. Program vaksinasi yang ditujukan pada para pendidik dan tenaga kependidikan, yang sampai awal April ini, menurut Kemendikbudristek, telah mencapai sekitar 550.000 dari target 5,8 juta orang, belum bisa dijadikan sebagai satu-satunya acuan dalam pembukaan pembelajaran tatap muka.

Prof. Maksum mengatakan, untuk mencapai tujuan vaksinasi massal guna melindungi komunitas suatu kawasan, cakupan vaksinasi yang ideal adalah 70-80 persen jumlah penduduk untuk mencapai herd immunity.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*