Kerjasama Bilateral Indonesia-Kazakhstan Masih Setengah Hati

Sharing for Empowerment

“Ada kelemahan di Kazakhstan yakni sistem perbankan yang belum terbuka dan seringkali menjadi tantangan bagi Indonesia. Sehingga pembayaran kadang harus melalui negara ketiga.” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Paramadina Graduate School of Diplomacy (PGSD) Univesitas Paramadina, Shiskha Prabawaningtyas yang menelisik dari perspektif geopolitik mendapati bahwa Khazakhstan mempunyai posisi amat penting dalam konstelasi dunia.

“Selain menjadi pintu masuk strategis bagi Rusia di utara dan dengan China di Selatan yang saat ini muncul sebagai superpower baru dunia. Kazakhstan juga menjadi kawasan strategis penting bagi Indonesia terkait potensi ekonomi pasar non tradisional dan energy security terutama Sumber daya gas alam yang dimiliki Kazakhstan.”

Beberapa engagement baru seperti instrumen diplomasi bahasa, menarik untuk dikembangkan dalam hubungan strategis terkait kerjasama pengembangan SDM dengan negara negara Asia Tengah, seperti Kazakhstan. Ini merupakan peluang Indonesia karena Asia Tengah juga merupakan wilayah yang potensial.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*