5 Kampus dengan Bentuk Bangunan Paling Unik di Indonesia

Kampus dengan Bangunan Unik di Indonesia
Kampus dengan Bangunan Unik di Indonesia

JAKARTA, KalderaNews.com – Selain dikenal karena prestasinya, beberapa universitas di Indonesia juga dikenal karena memiliki arsitektur bangunan yang ikonik dan unik. Dengan tampilan bangunan yang ikonik, setiap kampus ingin menampilkan kesan mendalam bagi setiap mahasiswa yang kuliah di sana.

Dari banyak kampus di Indonesia, ada beberapa yang memiliki bentuk bangunan yang tidak biasa dan indah. Berikut Daftar 5 kampus di Indonesia yang memiliki bentuk megah, unik, dan tentu saja indah.

1. The Crystal Of Knowledge – Universitas Indonesia (UI), Depok


The Crystal Of Knowledge – Universitas Indonesia (UI)

Perpustakaan Universitas Indonesia, depok Jawa Barat dikenal dengan nama “The Crystal of Knowledge”. Dari Namanya langsung dapat diketahui makna apa yang ingin disampaikan, yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan kampus.

BACA JUGA:

Gedung perpustakaan Universitas Indonesia ini berbentuk kristal yang tidak beraturan. Perpustakaan ini menempati lahan 2,5 hektar dengan luas 33 ribu meter persegi. Tidak salah jika perpustakaan ini disebut sebagai salah satu perpustakaan terbesar di dunia.

Ada lagi, gedung ini memakai konsep “Green Energy” yang sustainable dan sangat efisien. Seluruh kebutuhan listrik di gedung raksasa ini akan dipasok menggunakan tenaga Matahari. Pembangunan gedung ini menghabiskan setidaknya Rp170 miliar.

2. Rektorat Universitas Padjajaran (Unpad), Sumedang


Rektorat Universitas Padjajaran (Unpad)

Gedung rektorat yang terletak di Universitas Padjajaran, Sumedang ini terbilang cukup unik. Pasalnya, desain kampus ini mengusung konsep “Lembur Alwi” maksud dari konsep ini adalah memiliki nilai filosofi tentang bamboo. Hal ini karena bagi masyarakat Sunda, bambu bisa menjadi berbagai macam fungsi mulai dari bahan bangunan, alat dapur, pakaian (topi), makanan (iwung/rebung), bahkan alat musik (angklung).

Gedung yang mulai dioperasikan awal 2012 ini juga memakai dua konsep lansekap yaitu kebun bambu dan lansekap sawah serta perkampungan. Dengan kombinasi ini, menjadikan Gedung Rektorat Unpad unik dan indah.

3. Kampus Binus Alam Sutra


Kampus Binus Alam Sutra

Lewat di jalan tol Jakarta-Merak ketika sampai di daerah Alam Sutera, Tangerang Selatan kita dapat melihat Kampus Universitas Bina Nusantara (Binus) yang bentuknya seperti tumpukkan kotak. Gedung unik ini dibangun dengan konsep hemat energi serta ramah lingkungan.

Keunikan gedung ini terlihat dalam bentuk bangunannya itu sendiri. Desain kotak-kotak pada gedung ini dilengkapi dengan jendela-jendela yang berukuan besar. Desain kotak-kotak pada gedung juga menyediakan banyak jendela besar sebagai perantara sinar matahari ke dalam ruangan sehingga meminimalkan penggunaan lampu. Dengan luas 60 meter persegi, bangunan 22 lantai ini menampung 40 ruang kelas dan laboratorium.

4. Menara Pinisi, Universitas Negeri Makasar, Makassar

Universitas Negeri Makasar memiliki gedung unik yang mirip kapal pinisi sehingga dinamai Menara Pinisi. Bentuk ini menggambarkan ciri khas Makasar dengan perahu pinisinya.

Menara Pinisi sengaja dibuat menyerupai perahu yang sedang berlayar. Gedung yang terinspirasi dari perahu Bugis ini terdiri dari 17 lantai ini. Saat malam hari bisa dilihat lampu berkelap-kelip dalam 12 warna, mewakili jumlah fakultas di Universitas Negeri Makassar.

5. New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara


New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara

Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang Selatan memiliki New Media Tower, gedung abu-abu menyerupai iglo yang merupakan gedung kebanggaan kampus. Kampus ini memiliki konsep arsitektur yang ramah lingkungan.

Bangunan gedung berlantai 12 ini bisa menghemat energi hingga 53,25 kWH untuk per meter persegi. Arsitektur gedung ini dapat mengurangi panas hingga 70 persennya sehingga alumunium panel tersebut dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan AC.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*