Hai Mahasiswa Baru! Simak 7 Tip Menjalani Kuliah di Masa Pandemi Covid-19

Sharing for Empowerment

Beberapa kampus telah menyediakan website resmi untuk memudahkan mahasiswa menghadapi sistem perkuliahan online. Maka, jangan lupa cari tahu juga ya sistem perkuliahan di kampusmu.

Catat jadwal kuliah

Sebagai mahasiswa baru, kegiatan akademik harus menjadi prioritas utama. Nah, agar kamu bisa mendapatkan materi kuliah secara efektif, susunlah jadwal kuliah daring yang akan kamu ikuti. Penyusunan jadwal ini penting untuk menentukan rencana perkuliahan kamu selama satu semester ke depan.

Buat situasi belajar yang nyaman

Sistem pembelajaran di bangku kuliah pastinya akan berbeda. Supaya kamu bisa berkonsentrasi dan memahami materi kuliah, sebaiknya cari lokasi yang tenang dan jauh dari gangguan yang bisa memecah konsentrasi. Lengkapi juga area belajarmu dengan berbagai perlengkapan yang mendukung seperti papan catatan, alat tulis, dan sebagainya.

Segera kerjakan tugas

Sebaiknya jangan menumpuk tugas yang diberikan oleh dosen hingga mendekati deadline. Menunda tugas akan membuat kamu kesulitan untuk menyelesaikan tugas dengan efektif, sehingga bisa memicu stres.

Atur waktu dengan baik

Jadwal kuliah daring serta aneka tugas yang diberikan oleh dosen cenderung membuat kamu berada di depan layar laptop seharian. Maka, tip yang tak kalah penting adalah membuat manajemen waktu yang baik untuk mengatur kegiatanmu setiap hari. Kamu bisa mencoba memasang alarm pada smartphone sehingga tidak akan ada jadwal kuliah yang tertinggal dan juga bisa membagi waktu antara belajar dan bermain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*