Inilah 9 Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Presiden Sukarno, Dari Umar Kayam Hingga Baim Wong

Ilustrasi: Para pemeran Presiden Sukarno dalam film. (KalderaNews.com/repro;y.prayogo)
Ilustrasi: Para pemeran Presiden Sukarno dalam film. (KalderaNews.com/repro;y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam suasana peringatan Kemerdekaan RI ke-76 ini, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah nonton film dengan tema kemerdekaan. Sosok Presiden Sukarno, sang proklamator bisa jadi kerap kita jumpai dalam film-film perjuangan.

Pemeran Presiden Sukarno tentu tak sembarang aktor. Selain ada kemiripan wajah, ia juga mesti mengetahui karakter sang presiden pertama Indonesia itu.

BACA JUGA:

Nah, inilah aktor yang pernah berperan sebagai Presiden Sukarno:

Mike Emperio – The Year of Living Dangerously (1982)

Kemunculan paling awal tokoh Presiden Sukarno di film fiksi ada dalam film produksi kolaborasi Australia dan Hollywood. “The Year of Living Dangerously” karya Peter Weir mengisahkan seorang wartawan Australia yang ditugaskan meliput di Jakarta saat terjadi gejolak politik di Indonesia pada 1965. Tokoh Sukarno yang menjabat Presiden RI pada era itu dimainkan aktor asal Filipina, Mike Emperio, yang hanya muncul sebentar dalam dua adegan tanpa dialog.

Umar Kayam – Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI (1984)

Umar Kayam direkrut sutradara Arifin C. Noer untuk memerankan Presiden Sukarno dalam 2 film, yakni “Pengkhianatan F30-S/PKI” pada tahun 1984, dan film “Djakarta” (1966). Meski secara fisik Umar tidak terlalu mirip dengan Sukarno, tapi ia dapat membawakan peran Sukarno dengan baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*