Inilah Perbedaan Gejala Deman Berdarah dan Covid-19 pada Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Sharing for Empowerment

Mulya, panggilan akrabnya menambahkan, gejala yang dominan pada demam dengue adalah demam kemudian sakit kepala. Sedangkan, gejala batuk pileknya lebih ringan dibanding pada Covid-19.

“Demam dengue di hari ketiga setelah gigitan nyamuk harus menjadi perhatian penting, karena secara umum demam dengue itu infeksi terjadi di hari ke-3 sampai hari ke-6, itu masuk fase kritis yang bisa rawan dan bisa meninggal kalau tidak diberikan cairan obat yang cukup,” papar dokter spesialis anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini.

Sedangkan demam pada Covid-19 bisa terjadi antara 5 hingga 7 hari dan disertai batul pilek yang lebih dominan dan makin tambah sesak, dan disertai dengan saturasi oksigen yang menurun. Dengan gejala tersebut, Mulya menyebutkan, “Itu dianggap berat untuk kasus Covid-19 pada anak.”

Lebih lanjut ia menjelaskan fase demam dengue antara lain dari hari pertama sampai hari ketiga adalah fase demam, kemudian fase kritis antara hari ke-3 sampai ke-6, dan kemudian fase penyembuhan setelah hari ke-6.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*