Ecoprint Jadi Alternatif Peningkatan Ketahanan Ekonomi Keluarga di Banyumas Paska Pandemi

IT Telkom Purwokerto melakukan inisiatif program pelatihan bertema “Pemanfaatan Ecoprint Sebagai Alternative Peningkatan Ketahanan Ekonomi Keluarga di Desa Sawangan Pasca Pandemic Covid 19” di Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas pada Kamis, 16 September 2021
IT Telkom Purwokerto melakukan inisiatif program pelatihan bertema “Pemanfaatan Ecoprint Sebagai Alternative Peningkatan Ketahanan Ekonomi Keluarga di Desa Sawangan Pasca Pandemic Covid 19” di Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas pada Kamis, 16 September 2021 (KalderaNews/Dok. ITTP)

BANYUMAS, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 telah menimbulkan beragam dampak di berbagai sektor, tidak terkecuali pada sektor ekonomi. Turbulensi ekonomi terjadi secara global dan berakibat pada terjadinya penurunan daya beli masyarakat. Gejolak ekonomi pun tidak bisa terelakkan hingga menyentuh lapisan masyarakat di tingkat desa.

Desa Sawangan adalah salah satu desa dari sekian banyak desa di Kabupaten Banyumas yang juga terkena dampak resesi ekonomi akibat pandemi Covid 19.

Berangkat dari persoalan gejolak ekonomi di atas, IT Telkom Purwokerto melalui salah satu tim penerima hibah pengabdian masyarakat internal tahun 2021 melakukan inisiatif program pelatihan bertema “pemanfaatan ecoprint sebagai alternative peningkatan ketahanan ekonomi keluarga di Desa Sawangan pasca pandemic Covid 19” di Desa Sawangan Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas pada hari Kamis tanggal 16 September 2021 yang bertempat di Balai Desa Sawangan.

BACA JUGA:

Adapun Tim Pengabdian Masyarakat IT Telkom Purwokerto terdiri dari 3 Dosen lintas Program Studi diantaranya adalah Achmad Zaki Yamani (S1 Teknik Industri), Nofrizaldi (S1 Desain Komunikasi Visual) dan Wahyu Adi Prabowo (S1 Teknik Informatika) dan 2 Mahasiswi Teknik Industri yakni Yola Risti Apriani dan Shadana Dhau.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terselenggara atas dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IT Telkom Purwokerto dan Pemerintah Desa Sawangan sebagai perwujudan dari realisasi kerjasama yang sudah ada sebelumnya untuk bersama-sama berkolaborasi membangun Indonesia, utamanya pembangunan yang dimulai dari level desa.

Kegiatan pelatihan pemanfaatan ecoprint sebagai alternative peningkatan ketahanan ekonomi keluarga di Desa Sawangan pasca pandemic Covid 19 ini diikuti oleh ibu-ibu PKK di Desa Sawangan dengan sangat antusias, karena ecoprint sendiri merupakan teknik cetak pada kain (tekstil) dengan menggunakan bahan alami seperti daun-daunan yang sangat mudah didapatkan dilingkungan desa Sawangan.

Teknik ecoprint yang dibuat oleh ibu-ibu PKK Desa sawangan ini mempunyai potensi yang sangat baik dalam pengembangan perekonomian paska pandemi, hal ini dapat dilihat dari potensi sumber daya manusia yang kreatif dan juga potensi alamnya yang sangat mendukung dalam menunjang produksi produk ecoprint kedepannya.

Pelaksanaan pelatihan ecoprint di Desa Sawangan merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan. Antusias peserta pelatihan sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari awal pelatihan yang dimulai dari membagi peserta pelatihan ke dalam beberapa kelompok, dan memberikan kesempatan peserta untuk berimajinasi dalam membuat pola dari daun-daunan yang memiliki serat sebagai bahan utama dalam proses ecoprint.

Pola dedaunan tersebut disusun diatas permukaan bidang kain yang sudah disediakan oleh panitia. Setalah proses pembuatan pola dan menempelkan pada kain katun, langkah selanjutnya adalah melakukan teknik Pounding, teknik pounding ini dilakukan supaya warna alami dari daun melekat dan masuk kedalam pori-pori kain sehingga kain mendapatkan motif alami dari daun.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan kain ke dalam larutan air tawas. Cairan tawas sendiri merupakan garam rangkap sulfat dan alumunium sulfat yang salah satu fungsinya adalah untuk menjernihkan sekaligus mengikat pola pada kain sehingga tidak luntur dan pudar. Tahap terakhir adalah merendam di air bersih yang terpisah untuk membersihkan sebelum proses penjemuran.

Pelatihan pemanfaatan ecoprint ini sejalan dengan upaya Pemerintah Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas untuk memperkuat ketahanan ekonomi keluarga, melalui optimalisasi peran Ibu rumah tangga dalam membantu ekonomi keluarga dan sebagai ikhtiar untuk menciptakan produk unggulan baru Desa Sawangan yang bertumpu pada kearifan lokal dan ramah terhadap dampak lingkungan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*