Panduan Mudah Memilih Jurusan SMK Agar Terhindar dari Salah Jurusan

Peserta didik SMK
Peserta didik SMK (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – SMK atau Sekolah Menengah Kejurusan merupakan sekolah yang setara dengan SMA. SMK telah banyak menjadi pilihan karena mereka menyiapkan lulusan yang siap kerja. Pada masa pendidikannya pelajar di SMK dibekali keterampilan yang sesuai dengan jurusan.

Di SMK, terdapat banyak jurusan. Lebih banyak dan beragam daripada jurusan di SMA. Jurusan di SMK adalah jurusan keahlian. Sedangkan jurusan di SMA adalah jurusan untuk ilmu ilmiah, yang harus diasah lagi di bangku perguruan tinggi.

BACA JUGA:

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke SMK, ikuti panduan mudah memilih jurusan SMK ini agar terhindar dari salah jurusan. Cekidot, kuy!

Sesuaikan dengan minat

Jangan terpaksa atau tergesa dalam memilih jurusan SMK. Memilih jurusan SMK ini harus sesuai dengan minat. Kamu dapat memilih jurusan SMK yangs esuai hobi, sehingga akan benar-benar menikmati proses pendidikan dengan baik dan lulus dengan nilai memuaskan serta bekerja sesuai dengan keterampilan.

Selaras dengan cita-cita

Memilih jurusan SMK harus kamu sesuaikan dengan cita-cita. Bila kamu ingin menjadi chef, bekerja di restoran atau kapal pesiar, misalnya, kamu dapat memilih jurusan tata boga. Bila kamu ingin membuka salon, maka jurusan yang dapat kamu pilih adalah tata rias. Jadi, penting banget menentukan cita-cita terlebih dahulu sejak sekarang baru memilih jurusan SMK yang sesuai.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*