9 Panduan Memilih Playgroup yang Tepat Untuk Anak, Parents Wajib Tahu

Ilustrasi anak Kelompok Bermain (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi anak Kelompok Bermain (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Belum semua orang tua paham kapan sebaiknya mulai memasukkan putra-putri kesayangan mereka untuk mengenal dunia pendidikan. Semua orang tua pasti sepakat bahwa pendidikan untuk anak mereka harus dimulai sejak dini. Pendidikan anak sejak usia dini dapat dimulai dari tingkat playgroup atau kelompok bermain anak.

Selain pertimbangan usia anak, masih ada pertimbangan lain untuk memilih sarana belajar yang paling tepat untuk anak. Memilih playgroup yang paling tepat untuk anak memang terlihat gampang-gampang susah. Berbagai tawaran, iklan, dan pertimbangan fasilitas serta pertimbangan hal lain dapat membuat orang tua makin bingung.

BACA JUGA:

Agar orang tua tidak bingung dalam memilih playgroup terbaik untuk putra-putrinya, maka panduan berikut perlu diketahui oleh para orang tua.

Pertimbangan biaya

Untuk mendaftarkan anak usia balita ke playgroup, orang tua harus menyiapkan biaya Pendidikan. Setiap playgroup memiliki biaya Pendidikan yang berbeda-beda. Orang tua dapat menyesuaikan playgroup pilihan dengan budget dan kemampuan finansial keluarga.

Lokasi

Lokasi playgroup menjadi aspek penting yang juga harus dipertimbangkan. Lebih baik memilih playgroup yang berlokasi tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal agar mudah dan lebih murah transportasinya saat harus berangkat ke playgroup.

Sesuaikan dengan usia anak

Playgroup dapat diikuti oleh anak-anak yang berusia mulai dari satu tahun hingga lima tahun. Setiap usia anak akan berbeda pula kegiatan dan permainan yang diberikan. Jadi memastikan bahwa memilih playgroup harus sesuai dengan usia anak merupakan yang yang cukup penting.

Metode pengajaran

Untuk memilih playgroup yang tepat, sebelumnya perlu dicari tahu seperti apa metode pengajaran atau kurikulum yang diberikan pada playgroup tersebut. Orang tua biasanya merupakan pihak yang paling mengerti pengajaran seperti apa yang dibutuhkan oleh anak.

Lingkungan

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan adalah memilih lingkungan yang tempat playgroup itu berada. Hal ini penting karena lingkungan akan sangat berdampak pada perkembangan anak. Playgroup yang baik memiliki lingkungan yang sehat dan mendukung anak-anak untuk belajar dan mengembangkan potensinya.

Waktu belajar

Saat anak memasuki playgroup, waktu belajar anak juga harus dipertimbangkan. Sebaiknya memilih playgroup yang tidak terlalu lama waktu belajarnya agar anak tidak bosan.

Fasilitas

Perkembangan anak dapat tumbuh secara maksimal bila anak mendapatkan fasilitas belajar yang lengkap. Tidak harus mewah atau mahal, fasilitas yang lengkap maksudnya adalah fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Kualitas dan jumlah guru pengajar

Kualitas dan jumlah guru pengajar akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Maka kualifikasi dan kemampuan guru pengajar harus dilihat oleh orang tua sebelum mendaftarkan anaknya ke playgroup tertentu. Selain kemampuan dan kualifikasi, perbandingan guru dan anak yang diajar harus juga memiliki proporsi yang pas.

Pastikan anak merasa nyaman

Meskipun masih kecil, anak juga bisa merasakan apakah ia merasa nyaman di satu lingkungan tertentu atau tidak. Maka, saat memilih playgroup, kenyamanan anak juga merupakan hal yang harus di perhatikan oleh orang tua.

Sembilan panduan memilih playgroup tersebut di atas dapat dijadikan referensi dan pertimbangan bagi para orang tua dalam menentukan pendidikan usia dini bagi anak-anak tercinta. Selain nyaman, kualitas playgroup juga akan memberikan hasil yang maksimal bagi tumbuh kembang anak-anak.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*