Akan Libatkan MABIMS Atau OKI, KSM 2022 Go Internasional

Peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional tahun 2021 pada 23-25 Oktober
Peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional tahun 2021 pada 23-25 Oktober 2021 (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi menegaskan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 direncanakan mulai Go International dengan melibatkan negara-negara sahabat seperti MABIMS atau OKI.

Oleh sebab itu, pada gelaran KSM 2021 kali ini, digunakan soal dengan tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 pada 23-25 Oktober 2021, sebanyak 374 siswa madrasah dari 34 provinsi ambil bagian di dalamnya.

BACA JUGA:

Mereka adalah siswa terbaik yang terseleksi dari 76.496 pendaftar sejak tingkat Kabupaten/Kota. KSM dilombakan dalam tiga jenjang, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA)

Isom Yusqi menambahkan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan KSM. Karena adanya kebijakan pembatasan interaksi antar orang, KSM tahun 2020 digelar sepenuhnya secara daring sehingga disebut KSMO (KSM Online).

Untuk tahun 2021, KSM digelar secara hybrid. KSMO hanya digelar dalam seleksi tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Sementara untuk tingkat nasional para finalis berkumpul di satu lokasi yang telah ditentukan Kanwil Kemenag Provinsi masing-masing. Mekanismenya dengan menerapkan protokol kesehatan dan pengawasan yang sangat ketat.

“Pengawasan langsung dari dewan juri yang ditugaskan ke masing-masing lokasi, dipadu dengan pengawasan secara online yang dikendalikan langsung dari Posko Pusat di Jakarta. Dengan cara ini, diharapkan diperoleh juara KSM yang memang benar-benar juara,” jelas Isom.

“Para peserta akan menjalani dua model ujian, CBT dan eksplorasi atau eksperimen,” tandasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*