Galau Memilih SMK atau SMA? Simak Panduan Berikut Sebelum Ambil Keputusan




Ilustrasi: Praktik SMK

JAKARTA, KalderaNews.com – Bersekolah atau menempuh pendidikan bertujuan untuk mendapatkan ilmu agar dapat meraih cita-cita. Oleh karena itu, memilih sekolah lanjutan setelah jenjang SMP merupakan hal yang penting. Setelah lulus SMP, bisa jadi kita galau memilih SMK atau SMA.

SMK atau SMA keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Plus minus dari SMK atau SMA kerap menjadikan galau. Perbedaan SMK dengan SMA ada pada jurusan dan ilmu yang akan dipelajari kelak. Menempuh pendidikan di SMK bisa langsung bekerja karena sudah dididik berdasarkan keahliannya.

BACA JUGA:

Sedangkan sekolah di SMA kamu akan lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Lulusan SMA harus menempuh pendidikan lagi di perguruan tinggi bila ingin bekerja. Nah, makin galau ya memilih SMK atau SMA? Daripada galau berkepanjangan, yuk simak panduan memilih SMK berikut.

Tetapkan bakat

Mempunyai bakat tertentu merupakan hal penting bila ingin melanjutkan sekolah di SMK karena ada banyak jurusan di SMK. Jurusan yang dipilih saat mendaftar SMK akan membuat kita siap langsung kerja setelah lulus.

Tetapkan minat

Setelah menentukan bakat, pastikan kamu memiliki minat yang tinggi sehingga bisa sekolah sampai lulus.

Minta saran dan masukan

Saran dan masukan dari orang tua atau guru BK dapat membantumu lebih yakin dalam memilih SMK sesuai dengan bakat dan minat.  

Sesuaikan dengan budget

Uang sekolah menjadi satu pertimbangan juga saat akan memilih SMK. Karena kondisi ekonomi keluarga juga tetap harus menjadi perhatian bersama. Pilih sekolah yang dekat dengan fasilitas lengkap dan biaya sekolahnya murah. Tidak perlu sekolah yang favorit pertama bila memang dari aspek biaya tergolong tinggi. Sesuaikan dengan kemampuan orangtua.

Memiliki tujuan setelah lulus SMK

Tujuan setelah SMK akan menentukan jurusan apa yang dipilih setelah lulus kelak. Jika kita memilih jurusan tata boga, misalnya, kita sudah punya gambaran akan beekrja di hotel, restoran, kapal pesiar, atau membuat catering hingga membuka usaha kuliner sendiri.

Punya pendirian untuk memilih sendiri

Hal yang tidak kalah penting adalah jangan sampai memilih SMK karena ikut-ikutan dengan teman. Pastikan memilih SMK karena keinginan kita sendiri.

Cari banyak informasi

Sebelum memutuskan mendaftar di satu SMK pilihan, pastikan kamu telah mendapatkan banyak informasi tentang beberapa opsi sekolah. Informasi tentang sekolah ini dapat kamu peroleh dari teman, tetangga, saudara, iklan radio, atau bahkan juga spanduk dan baliho yang dipasang di pinggir jalan. Kumpulkan semua informasi tersebut untuk menjadi referensi sebelum mendaftar.

Lihat reputasi sekolahnya

Reputasi sekolah merupakan pertimbangan penting juga. Pilih sekolah yang mempunyai prestasi dan reputasi bagus di mata masyarakat. Sebaliknya, jangan memilih sekolah yang terkenal mempunyai banyak masalah, misalnya.

Lihat kompetensi lulusan

Cara melihat kompetensi lulusan adalah dengan memperhatikan apakah lulusan dari sekolah tersebut langsung bisa diterima di dunia kerja atau tidak. Karena yang diandalkan oleh SMK adalah kualitas keterampilan siswanya. Pihak sekolah akan menjadi para lulusannya segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Sembilan panduan memilih SMK tersebut harus kamu perhatikan dengan benar-benar sebelum membuat keputusan mendaftar. Pastikan kamu menjaga semangat belajarmu dan lulus dengan nilai yang memuaskan, ya. Semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*