Tahun 2022 Bakal Ada Kurikulum Baru, Lebih Fleksibel dan Merdeka

Ilustrasi: Kurikulum baru akan diterapkan mulai tahun ajaran 2021/2022. (Ist.)
Ilustrasi: Kurikulum baru akan diterapkan mulai tahun ajaran 2021/2022. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membeberkan sejumlah program Kemendikbudristek yang akan diluncurkan pada 2022. Beberapa di antaranya adalah penggantian kurikulum.

Menteri Nadiem mengungkapkan, Kemendikbudristek akan mulai menawarkan kurikulum yang lebih merdeka bagi guru dan murid. Kurikulum itu saat ini sedang diujicobakan di sejumlah sekolah penggerak.

“Kami akan mulai menawarkan kurikulum yang jauh lebih merdeka, sekarang lagi dites di sekolah-sekolah penggerak,” kata Menteri Nadiem.

BACA JUGA:

Kurikulum tersebut, lanjut Menteri Nadiem, lebih mudah dimengerti oleh guru dan fleksibel sehingga bisa diadaptasi sesuai kemampuan murid. Selain itu, kurikulum tersebut memberikan kesempatan bagi guru berkreasi dan berinovasi, sehingga proses pembelajaran jauh lebih mudah.

Menteri Nadiem mengatakan, pergantian kurikulum ini tidak dimaksudkan untuk melanggengkan sebutan “ganti Menteri, ganti kurikulum”. Kurikulum baru tersebut, katanya merupakan kurikulum yang akan memberikan kemerdekaan kembali pada guru-guru.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*