Bertemu Penyandang Disabilitias, Hindari Sikap Ableism

Fasilitas DINA (Digital Intelligent Assistant) di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia
Fasilitas DINA (Digital Intelligent Assistant) di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (KalderaNews/Dok. Pemprov DKI)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 Gubernur Anies mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap ableism yaitu perasaan dan cara pandang yang membuat kita seolah memiliki kelebihan di atas para penyandang disabilitas.

“Kita harus hindari ableism, perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi,” pesannya merujuk pada fasilitas layanan digital yang ramah bagi penyandang disabilitas bernama DINA (Digital Intelligent Assistant).

BACA JUGA:

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar menjelaskan bahwa ada tiga stasiun yang dipasang DINA, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI. Nantinya, layanan ramah disabilitas ini akan dipasang di seluruh stasiun.

“Hari ini kami memfungsikan layanan digital yang ramah disabilitas yang kita sebut dengan nama DINA. Inisiatif ini pertama di Indonesia dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hongkong,” jelas William.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*