Anak Kos Wajib Coba! 5 Cara Mudah Agar Tidak Jenuh di Kamar




Ilustrasi: Kos-Kosan

JAKARTA, KalderaNews.com – Menempuh pendidikan dengan merantau atau jauh dari orangtua dan sanak kerabat memang penuh tantangan. Rentan dengan perasaan sepi dan sendiri serta gabut. Karena tinggal jauh dari orang tua, dan mungkin belum kenal dengan teman baru, membuat kita kadang merasa bingung mau melakukan apa. Belum lagi kalau perasaan homesick melanda. Duh!

Menjadi anak kos yang produktif merupakan opsi untuk menghalau rasa sepi. Mencoba hal baru adalah hal yang dapat dilakukan. Apalagi sebagai anak rantau, kita bisa melakukan banyak pengalaman baru yang tidak ada di daerah asal.

BACA JUGA:

Inilah lima cara mudah yang wajib dicoba anak kos agar tidak jenuh dan sepi.

Kerja part time

Saat merantau sebagai mahasiswa, kamu akan banyak menemukan lowongan kerja part time. Kerja paruh waktu ini dapat dilakukan sesuai dengan jam kosong kita. Daripada pulang ke kos dan merasa sepi, kamu bisa mencoba part time. Tempat yang bisa kamu coba antara lain kafe, restoran, dan toko yang membuka posisi kasir, pramusaji, barista, asisten chef,  dan banyak lagi.

Informasi lowongan bisa kamu dapatkan melalui media sosial atau beragam platform yang telah ada. Kerja part time di Indonesia biasanya tidak memerlukan TOEFL dan IPK. Nah!

Magang

Magang juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa diambil. Magang berbeda dengan part time. Magang akan tetap akan dibimbing oleh para mentor. Magang juga terasa seperti bekerja pada umumnya dan terkadang memiliki persyaratan yang lebih rumit daripada part time.

Kita bisa memilih di mana perusahaan yang cocok untuk tempat magang. Keuntungan lainnya, pengalaman kerja magang ini dapat kita cantumkan di dalam CV.

Hangout dengan teman

Sesekali hangout tidak ada salahnya. Daripada suntuk belajara di kamar saja, kita bisa sesekali mengerjakan tugas di kafe dan perpustakaan daerah tempat rantaumu. Kamu bisa mengajak temanmu  untuk hangout  agar tidak bosan.

Cari teman satu daerah

Biasanya setiap daerah punya grup atau organisasi persatuan mahasiswa  dari daerah yang sama. Bila kamu merantau beda pulau dan merasa kesulitan beradaptasi, kamu bisa bergabung ke dalam organisasi atau komunitas ini. Kamu bisa punya teman satu perjuangan dan sharing denagn kakak kelas yang sudah lebih dulu merantau.

Explore

Daripada diam saja di kos, opsi lain agar tidak bete  adalah keluar dan melakukan explore tempat rantau. Kamu bisa mencicipi ragam kuliner daerah yang baru kamu temui. Karena pasti setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing.

Kamu bisa juga mendatangi tempat wisata di akhir pekan. Setiap daerah pasti punya tempat wisata yang berbeda dari yang lain. Explore ini akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri buatmu kelak.

Itulah lima kegiatan sederhana yang dapat dilakukan oleh anak rantau di kos agar tidak gabut atau bete. Sudah menentukan mau ngapain weekend ini, Gengs?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*