Kongregasi Pendidikan Katolik Keluarkan Instruksi untuk Sekolah Katolik, Begini Isinya

Sharing for Empowerment

Prinsip-prinsip lain yang dikembangkan adalah tanggung jawab setiap orang, pertama-tama orangtua, yang berhak menentukan pilihan pendidikan bagi anak-anaknya dengan kebebasan penuh dan menurut hati nurani, dan negara yang berkewajiban membuat perbedaan pilihan pendidikan yang tersedia dalam kerangka hukum, dan di dalamnya, prinsip dasar Gereja untuk pendidikan di mana evangelisasi dan promosi manusia yang integral terjalin.

Pun diperhatikan pembinaan guru, agar menjadi saksi Kristus; kerja sama antara orangtua dan guru dan antara sekolah Katolik dan non-Katolik; konsep sekolah Katolik sebagai “komunitas” yang diresapi oleh semangat injili kebebasan dan cinta kasih, dengan demikian memberikan formasi dan mempromosikan solidaritas.

Dalam dunia multikultural, kita juga diingatkan akan “pendidikan seks yang positif dan bijaksana”, sebuah unsur yang signifikan yang harus diterima siswa saat mereka tumbuh dewasa.

Budaya Peduli

Sekolah Katolik, kata instruksi ini, memiliki tugas mendidik “budaya peduli”, untuk menyampaikan nilai-nilai tersebut berdasarkan pengakuan terhadap martabat setiap orang, komunitas, bahasa, suku, agama, dan semua hak-hak dasar yang berasal darinya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*