Kongregasi Pendidikan Katolik Keluarkan Instruksi untuk Sekolah Katolik, Begini Isinya

Sharing for Empowerment

Budaya peduli adalah “kompas” yang berharga bagi masyarakat, membentuk orang-orang yang berdedikasi untuk mendengarkan, dialog konstruktif, dan saling pengertian.

Dialog dengan Komunitas

Dalam dialog terus-menerus dengan seluruh masyarakat, lembaga pendidikan Katolik tidak boleh menjadi model tertutup, di mana tidak ada ruang bagi mereka yang tidak “sepenuhnya” Katolik.

Peringatan terhadap sikap ini, Instruksi mengingatkan model “Gereja keluar”: “Kita tidak boleh kehilangan dorongan misioner untuk menutup diri di sebuah pulau dan pada saat yang sama kita membutuhkan keberanian untuk bersaksi kepada seorang Katolik ‘budaya’ yang universal, menumbuhkan kesadaran yang sehat akan identitas Kristiani kita sendiri”.

Kualifikasi dan Undang-undang yang Jelas

Titik fokus lain dari dokumen tersebut adalah perlunya kejelasan kompetensi dan undang-undang: dapat terjadi, pada kenyataannya, bahwa Negara memaksakan “perilaku yang tidak sesuai” dengan kredibilitas doktrinal dan disiplin Gereja kepada lembaga-lembaga publik Katolik, atau pilihan yang bertentangan dengan kebebasan beragama dan dengan identitas sekolah yang sangat Katolik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*