6 Perilaku Buruk Anak yang Tidak Boleh Dibiarkan, Orangtua Harus Peka

Sharing for Empowerment

Hal ini dapat diatasi dengan mengajari anak dengan sikap yang tegas. Terutama bila tejadi berulangkali. Katakana padanya bahwa ia harus bersabar menunggu pembicaraan orang lain selesai sebelum berbicara. Ibu dan ayah juga bisa bisa bersikap cuek saat ia mengulangi menyela pembicaraan setelah diingatkan.

Pura-pura tidak mendengar

Misal ketika diminta mengerjakan sesuatu, si kecil berpura-pura tak mendengar dan tetap menonton TV. Orangtua harus mengatakan hal yang sama berulang-ulang.

Hal ini dapat diatasi dengan mulai megambil perhatiannya saat berbicara. Ibu bisa memanggil namanya, menyentuh pundaknya, saling bertatap muka, bahkan bila perlu mematikan siaran televise yang ditontonnya agar ia mendengarkan. Perlu diingat bahwa ini harus dilakukan dengan nada tegas, bukan memarahinya sambil teriak.

Mengambil milik orang lain tanpa izin

Jika si kecil sering mengganti kanal TV tanpa izin, padahal ada orang lain yang sedang menonton, atau ia suka mengambil mainan temannya tanpa izin, maka perlu segera dikoreksi. Jika tidak, maka si kecil bisa jadi punya kebiasaan melakukan hal semaunya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*