6 Perilaku Buruk Anak yang Tidak Boleh Dibiarkan, Orangtua Harus Peka

Sharing for Empowerment

Cara mengatasinya adalah jelaskan ia tak bisa melakukan sesuatu tanpa meminta izin, karena bisa membuat orang lain sedih atau marah. Ajarkan empati dengan meminta si kecil membayangkan jika ia berada di posisi orang lain, ia pasti tidak suka saat ada orang lain merebut barang miliknya.

Suka berbohong

Jika si kecil pintar berbohong sejak kecil, ada risiko ia menjadi pathological liar saat sudah dewasa. Ada anak yang berbohong karena ia ingin terlihat keren, menghindari tanggung jawab, sampai menghindari masalah.

Cara mengatasinya adalah saat si kecil berbohong, hindari menegurnya di depan banyak orang. Nanti ia akan merasa dipermalukan. Ajak si kecil pulang dan bicara berdua. Cari tahu apa alasannya berbohong dan berikan pengertian bahwa berbohong adalah perbuatan buruk. Jangan lupa tanamkan nilai-nilai kejujuran.

Bersikap tidak sopan

Ibu pati gemas saat si kecil bersikap tidak sopan terhadap orang yang lebih tua. Terlebih jika ia melakukannya dengan gestur tidak menyenangkan, seperti menutup kuping atau memeragaan gerak bibir orang lain, dan lain-lain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*