Kemendikbudristek Gelar Festival Generasi Pancasila, Menteri Nadiem: Pelajar Jangan Cuma Menghafal Pancasila!




Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Kemendikbud)
Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Kemendikbud)

JAKARTA, KalderaNew.com – Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbudristek menggelar Festival Generasi Pancasila. Kegiatan ini mengangkat tema “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila”.

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim berharap, generasi muda di Indonesia tidak hanya mengetahui enam profil Pelajar Pancasila, tetapi mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sepanjang waktu, sepanjang hayat.

BACA JUGA:

“Saya tidak ingin adik-adik cuma bisa menghafal Pancasila, karena yang lebih penting adalah adik-adik paham mengapa penting sekali bagi kita untuk memiliki dan menerapkan semua profil itu, serta menjadi Pelajar Pancasila,” tutur Menteri Nadiem, pada puncak Festival Generasi Pancasila, secara daring, Selasa, 5 Juli 2022.

Menteri Nadiem mengingatkan kembali enam nilai yang membangun Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; serta kreatif.

Menteri Nadiem berharap, enam profil Pelajar Pancasila dapat menjadi bekal semua generasi muda untuk menggapai cita-cita di masa depan, sesuai dengan minat dan potensi masing-masing.

“Sebab kecerdasan akademik yang dipadukan dengan karakter yang kuat itulah yang akan membantu adik-adik melangkah ke masa depan dan menghadapi semua tantangan. Dengan menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, saya yakin adik-adik akan mampu melewati semuanya,” ucap Menteri Nadiem.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspeka, Hendarman menyatakan antusias peserta didik mengikuti puncak acara Festival Generasi Pancasila. Tercatat, total peserta yang mengikuti festival ini untuk anak usia 2-8 tahun sebanyak 759 orang, usia 9-13 tahun sebanyak 945 orang, dan anak usia 14-18 tahun sebanyak 855 orang.

Hendarman juga menyampaikan, Festival Generasi Pancasila bertujuan untuk menyebarluaskan dan memperdalam pemahaman peserta didik jenjang PAUD hingga SMA/SMK dan keluarga tentang profil Pelajar Pancasila.

Sebagai rangkaian kegiatan Festival Generasi Pancasila 2022, Puspeka menggelar kegiatan Kreasi Generasi Pancasila melalui pembuatan karya seni mural di enam kota, yakni Bali, Jakarta, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, dan Surabaya.

Puspeka juga menyelenggarakan lomba kreasi mewarnai untuk anak-anak dan lomba Post Story Instagram (IG Story) dengan tema “Generasi Pancasila” pada 8-26 Juni 2022.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*