759 Siswa SMK dari 34 Provinsi Bertanding Unjuk Kemampuan di LKS 2019 Yogyakarta




Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2019 dilangsungkan di empat lokasi di Yogyakarta
Para pelajar SMK di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2019 dilangsungkan di empat lokasi di Yogyakarta (KalderaNews/Kemendikbud)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2019 dilangsungkan di empat lokasi di Yogyakarta, yakni Jogja Expo Centre (JEC), SMK Negeri 6 Yogyakarta, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Hotel Grand Dafam Yogyakarta. Jogja Expo Centre (JEC) sebagai pusat acara dipadati ribuan pengunjung di hari pertama pembukaan, Selasa 9 Juli 2019.

Sebanyak 759 siswa SMK dari 34 provinsi untuk unjuk kemampuan di 32 bidang pekerjaan. Mengawali pembukaan, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud Didik Suhardi menyampaikan bahwa ajang tahunan ini bukan sekadar panggung perlombaan, tetapi juga ajang menampilkan keahlian peserta yang menggambarkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

“LKS adalah kesempatan untuk menampilkan prestasi siswa di bidang keahlian masing-masing, serta sebagai ajang untuk menggambarkan peningkatan kualitas SMK di Indonesia,” tutur Didik pada pembukaan LKS di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin, 8 Juli 2019.

BACA JUGA:

Ia menambahkan SMK harus diselaraskan dengan dunia kerja, harus ada kesinambungan antara lulusan SMK dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Selain perlombaan, dalam rangkaian acaranya, ada pula workshop industri dengan narasumber yang kompeten di bidangnya. Tujuan workshop ini adalah untuk mengenalkan anak muda Indonesia dalam menghadapi era ekonomi digital, strategi dalam memasarkan produk SMK di era revolusi industri 4.0.

Selain itu juga ada job matching yang bertujuan memberikan peluang dan menambah wawasan kepada lulusan SMK untuk berinteraksi dengan dunia industri dan usaha yang memerlukan tenaga kerja.

Lomba akan berlangsung pada 8-11 Juli 2019, selain melibatkan ratusan siswa SMK, juga ada 116 orang juri yang terdiri dari pihak yang kompeten di bidangnya.

Acara inti di JEC sendiri akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 9-11 Juli 2019. Selama itu, berbagai pameran industri, produk inovatif, dan unggulan, workshop industri, serta job matching akan turut meramaikan LKS ke-27 ini.

Tak hanya itu, di bagian belakang panggung juga sudah disiapkan lokasi untuk istirahat lengkap dengan stan-stan kuliner yang diisi oleh siswa-siswi SMK. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*