Peminat 4 Negara di Eropa Tetap Membludak Meskipun Pandemi Covid-19

Musim Dingin di Jerman dengan hamparan salju
Musim Dingin di Jerman dengan hamparan salju (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi di seluruh dunia, akan tetapi tidak menyurutkan semangat pelajar internasional untuk terus menggapai mimpi kuliah di luar negeri. Beberapa negara pun pelan-pelan membuka diri untuk menyambut kedatangan pelajar internasional, seperti negara-negara kesatuan Uni Eropa.

Menurut Hans Farnhammer, Kepala Kerjasama Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia di acara Erasmus Days 2020 pada Sabtu, 17 Oktober 2020, ada 4 negara di Eropa yang menjadi destinasi favorit untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Jerman

Negara pertama yaitu Jerman. Siapa pun pasti ingin kuliah di Jerman karena banyak kampus ternama dan diakui dunia. Terdapat 170 perguruan tinggi Jerman yang masuk jajaran top kampus di dunia. Jerman juga merupakan lumbung pemikir dan penyair penerima hadiah Nobel.

BACA JUGA:

Terdapat 68 penerima Nobel yang berasal dari Jerman, seperti Immanuel Kant, Hegel dan Adorno, Beethoven, dan Brahms. Selain itu, Jerman memiliki atmosfir negara yang nyaman dan kondusif untuk terus belajar. Minimnya angka kriminalitas membuat Jerman jadi tempat ramah untuk warga negara sendiri dan asing.

Selain itu, pelajar yang lanjut di Jerman mendapatkan rasa aman dari segi kesehatan. Baik itu pelajar lokal, maupun asing sama-sama memiliki hak untuk mendapatkan asuransi kesehatan.

Prancis

Prancis menjadi negara terpopuler setelah jerman bagi pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di Eropa. Selain itu, Prancis sangat fokus menangani masalah pendidikan, baik untuk warga negaranya sendiri atau pelajar internasional.

Jangan terlalu khawatir jika pelajar berangkat tanpa beasiswa. Pasalnya, pemerintah Prancis memiliki kebijakan bahwa setiap mahasiswa berhak mendapatkan tunjangan pendidikan sebesar kurang lebih 100 Euro selama setahun.

Selain itu, reputasi akademik untuk negara Prancis juga bagus. 41 Universitas di Perancis masuk ke dalam QS World University Ranking. Lalu, jika pelajar ingin menggeluti jurusan bisnis di Eropa, maka Prancis merupakan destinasi yang tepat. Bukan hanya belajar tentang bisnis, namun juga sastra dan seni.

United Kingdom

Negeri Harry Potter ini kaya akan bangunan tempat-tempat bersejarah dan kuno. Universitas di Inggris memiliki arsitektur bangunan zaman dulu, seperti kastil, katedral, monumen, dan beragam situs sejarah lainnya.

Keunggulan utama melanjutkan kuliah di Inggris ialah durasinya yang singkat, apalagi S2. Pelajar cukup belajar selama 1 tahun secara intensif. Dengan demikian, pelajar lebih hemat biaya dan siap terjun ke dunia profesional lebih cepat.

Irlandia

Irlandia menjadi top negara di Eropa yang jadi destinasi pelajar internasional. Universitas di Irlandia memang memiliki performa berkualitas, terutama di bidang penelitian. Pemerintah menawarkan visa tinggal bagi lulusan sarjana selama 1 tahun dan 2 tahun bagi lulusan master. Adanya visa tersebut membuat para lulusan tak segan untuk kerja di Irlandia.

Itulah 4 negara di Eropa yang merupakan destinasi favorit untuk belajar di luar negeri.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*