Intan Suci, Peneliti Terumbu Karang, Ikon Sains dan Inovasi 2019

Intan Suci Nurhati
Intan Suci Nurhati
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Terumbu karang merekam jejak perubahan laut dari masa ke masa. Melalui riset dan eksplorasi yang ditekuni, Intan Suci Nurhati berhasil mendapatkan informasi lengkap kondisi perairan dari masa ke masa. Informasi ini berguna untuk memprediksi dampak perubahan iklim di masa yang akan datang.

Tahun ini Intan dinobatkan sebagai salah satu dari 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila untuk bidang Sains dan Inovasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. “Tak ada mesin waktu untuk kembali ke masa lampau dan menguak data laut di masa lalu. Namun alam merekam jejak-jejak perubahan lingkungan, salah satunya lewat terumbu karang,” ujar peraih LIPI Young Scientist Awards 2018 ini.

BACA JUGA:

Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini menekuni bidang paleoclimatology dan paleoceanography. Secara sederhana, paleo berarti tua, climatology berarti ilmu terkait iklim, dan oceanography berarti penampakan permukaan laut berikut isinya. Intan menekuni bidang paleoclimatology dan paleoceanography saat mendengar fenomena siklus iklim El Nino atau ENSO yang melanda Indonesia. “Saya berpikir bagaimana seharusnya masyarakat dapat bersiap jika El Nino besar datang kembali,” ujarnya. Ia pun menyelesaikan S3 dengan meneliti jejak ENSO lewat terumbu karang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*