Oktober, Bulan Bahasa dan Sastra, Ini Rangkaian Acaranya

Peringatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dan Sastra
Ilustrasi: Peringatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dan Sastra (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar acara kebahasaan dan kesastraan untuk merayakan Bulan Bahasa dan Sastra yang jatuh setiap bulan Oktober. Kegiatan ini juga untuk memperingati 91 tahun Sumpah Pemuda. Bulan Bahasa dan Sastra secara rutin diadakan sejak 1980.

BACA JUGA:

Kegiatan ini digelar selama Oktober yang puncak pelaksanaannya pada 28 Oktober 2019 di Provinsi DKI Jakarta. Ada rangkaian kegiatan, seperti debat bahasa, lomba mendongeng, festival teater, bedah buku, kuis, dan festival film pendek. Acara ini dipusatkan di Gedung Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur.

Minggu pertama Oktober 2019 digelar Debat Bahasa Antarmahasiswa, Pemartabatan Bahasa Negara di Lingkungan Dharma Wanita Persatuan Pusat, dan Simulasi Layanan Kebahasaan. Pada minggu kedua digelar Lomba Mendongeng bagi difabel dan Festival Teater Rakyat. Minggu ketiga digelar Bedah Buku, Penerimaan Penghargaan Sastra, Kuis Pelita dan Bahasa, serta Zona Literasi. Dan minggu terakhir diadakan Bincang-Bincang Satu Dasarwasa Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, lalu ditutup dengan Festival Film Pendek Bahasa Daerah. (yp)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*