Guo Nian

Sharing for Empowerment

Legenda Nian

Ada satu legenda menarik yang melatarbelakangi pesta perayaan tahun baru China. Legenda ini lantas disebut oleh banyak peneliti dan etnolog di banyak literatur, sebagai latar belakang awal kehadiran perayaan pesta tahun baru China yang dirayakan secara meriah dan besar-besaran serta dalam suasana batin yang penuh suka cita.

“Dahulu kala ada seekor binatang yang sangat jahat. Binatang itu bernama Nian. Ia selalu datang ke desa-desa pada malam tahun baru untuk memakan manusia.

Tentu saja manusia dibuatnya takut dan cemas setiap malam tahun baru tiba. Mereka selalu mengunci pintu dan jendela rapat-rapat. Karena diliputi ketakutan dan ancaman yang sangat berbahaya, mereka selalu tinggal di dalam rumah setiap malam tahun baru tiba.

Pohon Mei Hua dengan Lampion Tahun Baru Imlek (China)
Pohon Mei Hua dengan Lampion Tahun Baru Imlek (China) (KalderaNews/JS de Britto)

Sudah menjadi kebiasaan, pada hari terakhir menjelang malam tahun baru, tidak seorang pun berani keluar desa dan meninggalkan rumah demi keselamatannya sendiri. Malam tahun baru selalu menjadi malam yang menakutkan dan mencekam.

Suatu malam menjelang tahun baru, datanglah binatang jahat tersebut dan membunuh seluruh penduduk sebuah desa seperti biasanya, kecuali sepasang suami istri yang baru saja menikah dan beberapa anak-anak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*