Guo Nian

Lampion Tahun Baru Imlek (China)
Lampion Tahun Baru Imlek (China) (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

Oleh: Gendhotwukir*

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahun Baru Imlek (China) telah tiba. Pesta tahun baru ini dirayakan secara besar-besaran tidak hanya di China, tetapi juga di Korea, Thailand, Vietnam dan di negara lainnya, termasuk Indonesia. Apa latar belakang kemeriahan itu?

Mencari latar belakangnya

Bagi saya yang bukan keturunan Tionghoa (China) dan kemungkinan besar juga bagi teman-teman saya sendiri yang Tionghoa (entah turunan atau entah secara gen masih dekat dengan nenek moyang di China), kami memang tidak terlalu banyak memahami dan mengerti kehadiran perayaan Tahun Baru China.

Ada satu pertanyaan menarik yang harus dijawab dan dimengerti lebih mendalam, erat berkaitan dengan perayaan tahun baru China yang sering dirayakan secara meriah, dan dalam nuansa pesta besar-besaran di negara tertentu seperti telah disebut di atas. Saya kira hal ini juga berlaku bagi sebagian warga Tionghoa di Indonesia.

BACA JUGA:

Pertanyaannya sangat sederhana: mengapa tahun baru China harus dirayakan semeriah mungkin. Dengan rumusan lain, motif apa yang melatarbelakangi perlunya kemeriahan perayaan pesta tersebut? Hal ini tentu saja perlu dilihat dari latar belakang kehadiran perayaan tahun baru China.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*