Guo Nian

Sharing for Empowerment

Pasangan suami istri yang baru menikah dan anak-anak ini lupa bahwa malam itu adalah malam tahun baru. Maklum, mereka adalah warga desa yang kurang gaul dan rumah mereka cukup berjarak dengan rumah warga desa sekampungnya. Sementara anak-anak itu benar-benar lupa. Tentu saja, mereka pada malam itu tidak diliputi kecemasan dan ketakutan akan bahaya Nian. Padahal, Nian memang sudah mengintip mereka dari semak-semak.

Warna merah dan api

Penduduk dari desa lain heran dan ingin tahu kenapa Nian, binatang jahat tersebut tidak membunuh dan memakan mereka. Selidik punya selidik, ternyata pasangan suami istri yang baru menikah tersebut pada malam menjelang tahun baru mengenakan pakaian warna merah. Sementara anak-anak yang selamat dari maut dan pada malam itu sedang bermain-main di halaman rumah, bermain-main dengan api. Nian, binatang jahat tersebut takut akan warna merah menyala dan nyala api.

Setelah kejadian tersebut, banyak warga desa lain yang juga mengenakan pakaian berwarna merah, teristimewa pada malam menjelang tahun baru, agar Nian tidak berani mendekat dan mengganggu manusia. Maka sejak itu, malam tahun baru menjadi pesta kemenangan bagi manusia karena telah berhasil menghalau binatang jahat yang selalu membuat resah manusia dan menebar malapetaka.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*