Tips Mahasiswa Inggris Memilih Fakultas Kedokteran yang Cocok

Mahasiswa FK Cardiff University sudah berhadapan dengan pasien sejak tahun pertama (Cardiff University)
Sharing for Empowerment

JAKARTA,KalderaNews.com. Mungkin kamu sudah mantap dengan cita-cita ingin jadi dokter. Lalu akan berjuang mendapatkan satu kursi di Fakultas Kedokteran untuk membuka jalan menggapainya. Tetapi Fakultas Kedokteran seperti apa yang akan membawamu menuju impianmu?

Tips yang diberikan oleh Ellen, mahasiswa tahun kedua di Fakultas Kedokteran Cardiff University, Inggris ini, mungkin bisa membantu.

Dengan mempertimbangkan lebih cermat sejak awal, kamu bukan saja memiliki kemungkinan besar diterima, tetapi juga cocok dengan kapasitas dirimu.

BACA JUGA:

Ellen membagikan tips ini lewat blog yang direkomendasikan oleh universitas tempat dia menuntut ilmu, Cardiff University Blogs Students Bloggers.

Menurut Ellen, ada empat faktor yang penting untuk dipertimbangkan.

1. Struktur Perkuliahan. Sering kali ada anggapan semua Fakultas Kedokteran sama saja, dan di ujungnya akan menghasilkan dokter. Namun, menurut Ellen, pencermatan yang lebih mendalam akan memampukan kita melihat perbedaannya. Misalnya, sebagian besar Fakultas Kedokteran menekankan perkuliahan di dalam kelas pada tiga tahun pertama, dengan paparan yang terbatas dengan pasien. Namun ada juga Fakultas Kedokteran yang sudah membawa mahasiswanya bertemu pasien sejak tahun pertama. Ada Fakultas Kedokteran yang lebih menekankan pembelajaran sudi kasus. Hal-hal semacam ini dapat menjadi faktor untuk kamu pertimbangkan.

2.Persyaratan Masuk. Sulit tidaknya untuk dapat diterima di sebuah perguruan tinggi di Indonesia sering disederhanakan menjadi passing grade. Yakni batas nilai minimal yang harus dipenuhi untuk dapat diterima di perguruan tinggi dimaksud. Walaupun tidak ada nilai resmi terhadap passing grade, banyak lembaga yang memberikan gambaran yang dapat dijadikan perbandingan. Ellen mengatakan persyaratan masuk ke sebuah Fakultas Kedokteran harus dicermati. Memperbandingkannya satu dengan yang lain menjadi salah satu cara untuk menetapkan pilihan. Seringkali ada pembaruan peraturan dari tahun ke tahun dan hal ini harus dicermat




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*