Dosen Binus Ciptakan 3 Karya Berbasis Artificial Intelligence untuk Tekan Penyebaran Covid-19

Guru Besar Binus University, Profesor Widodo Budiharto. (Dok. Binus University)
Guru Besar Binus University, Profesor Widodo Budiharto. (Dok. Binus University)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Berbagai inovasi muncul di tengah pandemi global Covid-19. Salah satunya dilakukan oleh guru besar Binus University, Profesor Widodo Budiharto. Ia menciptakan karya kecerdasan buatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:

Tak tanggung-tanggung, ia mencipta 3 karya berbasis artificial intelligence, yaitu Food Delivery and Monitoring Robot, BINUS Disinfection Robot, dan COVID-19 Prediction and Monitoring Dashboard. Yuk kita bahas satu persatu:

Food Delivery and Monitoring Robot
Karya ini bisa membantu tenaga medis dalam mengirimkan makanan ke ruangan pasien Covid-19 serta membawa sisa makanan. Alat ini dikendalikan jarak jauh menggunakan laptop serta dapat menyinari UV di ruangan pasien dan ruang lain. Tersedia pula fasilitas video conference antara tenaga medis di ruang operator robot dengan pasien menggunakan teknologi Zoom.

Binus Disinfection Robot
Alat ini dapat menyemprotkan disinfektan dalam jarak sampai 6 meter, dengan tangki disinfektan berukuran 10-20 liter. Ia dikendalikan jarak jauh menggunakan smartphone, dan pengguna dapat melakukan sterilisasi ke titik-titik yang rentan akan penyebaran virus.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*