5 Alasan Mengapa Anak-anak Perlu Kembali Belajar di Kelas

Anak-anak sekolah dasar di Ghana (Reuters)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Hampir di semua negara yang ingin membuka kembali sekolah mereka di masa pandemi COVID-19 terjadi pro-kontra. Yang terbaru adalah di Inggris. Ketika pemerintah negara itu memastikan tanggal 1 Juni ini sebagai awal kembalinya anak-anak sekolah dasar belajar di ruang kelas, banyak yang menentangnya.

Sejauh ini pemerintah Inggris masih konsisten dengan rencana tersebut. Namun orang tua murid yang belum siap mengizinkan anak-anaknya kembali ke sekolah diberikan keleluasaan memutuskan.

Walaupun pada awalnya suara yang kontra sangat besar, pengalaman di negara-negara yang sudah membuka kembali sekolah menunjukkan pada akhirnya meredup seiring dengan waktu. Di Denmark dan di Australia, misalnya, tidak ada lagi perdebatan yang signifikan, seiring dengan antusiasme anak-anak memasuki sekolah.

David Jeffrey dan Schrochis Karki, pakar pendidikan dari Oxford Policy Management, Inggris, memaparkan argumen tentang perlunya kembali anak-anak belajar di kelas. Argumen ini didasarkan pada pengalaman dan studi mereka di sejumlah negara di Afrika, yang mengalami krisis akibat mewabahnya penyakit, konflik ataupun bencana alam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*