5 Alasan Mengapa Anak-anak Perlu Kembali Belajar di Kelas

Sharing for Empowerment

Ketiga, bersekolah (schooling) memiliki makna lebih penting daripada belajar (learning). Penutupan sekolah dan isolasi memiliki dampak negatif terhadap anak-anak secara fisik dan kesehatan mental. Dampak dan ancamannya lebih besar pada anak-anak di kalangan miskin, khususnya perempuan, dimana mereka akan belajar dan makan lebih sedikit dan lebih berkemungkinan terpapar pada perilaku berisiko tinggi, dibanding teman-teman mereka yang lebih kaya.

Selain itu, ada masalah tentang sulitnya perlindungan terhadap anak. Misalnya, ketika ‘lockdown‘ karena Ebola diberlakukan, rasa frustrasi keluarga dan penghukuman terhadap anak-anak meroket di negara-negara yang terdampak. Penelitian di bidang ini merekomendasikan panduan dan dukungan bagi orang tua untuk mencegah hal ini. Ini penting khususnya bila pembukaan kembali sekolah tidak jadi pada 1 Juni 2020.

Dengan memperhatikan ini, sangat penting untuk mempersiapkan ‘fase pemulihan’ ketika sekolah dibuka kembali. Menteri Pendidikan Afrika Selatan, Angie Motshekga, belum lama ini menekankan sangat penting untuk memusatkan perhatian pada upaya memastikan kesehatan fisik dan mental orang tua dan guru, dalam mengadaptasi proses belajar dan mengajar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*