Cara Komedian Menyelamatkan Tulisan Tangan dari Kepunahan

Sharing for Empowerment

“Era digital global sepenuhnya ada di depan kita. Dan saya pikir jika tulisan tangan benar-benar lenyap, itu akan menjadi sebuah kerugian, kerugian akibat hilangnya keintiman,” kata dia kepada Sunday Times.

Keintiman?

Walaupun tulisan tangan telah lama kehilangan pamor sejak lahirnya mesin ketik lalu komputer dan kemudian gadget di era digital ini, keistimewaan tulisan tangan dalam beberapa hal dipandang belum sepenuhnya bisa ditanggalkan. Oleh karena itu, orang-orang seperti Andy Hamilton masih menganggap tulisan tangan sebagai sesuatu yang perlu dipertahankan, bahkan dibangkitkan kembali.

Salah satunya adalah dalam soal ‘keintiman’ tadi.  Bagi banyak penulis, menulis di komputer  terasa jauh lebih umum dan bersifat resmi daripada menulis dengan tulisan tangan. Pada gilirannya ini bisa mendatangkan writing block, atau terhambatnya daya kreativitas untuk bisa melaju  lebih jauh menyelesaikan tulisan.

Huruf-huruf di komputer yang sudah standar dan umum, mendatangkan perasaan bahwa semua orang akan dapat membaca tulisan yang sedang ditulis. Ini dapat mendatangkan perasaan tak aman dan tak nyaman. Tidak berani mengemukakan hal-hal yang sensitif, radikal dan genuine.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*