5 Cara Memilih Jurnal Kredibel dengan Akses Gratis

Ilustrasi mencari jurnal (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mencari jurnal (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurnal merupakan patokan utama bagi mahasiswa yang sedang menjalani tahap skripsi atau tesis. Tidak semua perguruan tinggi menyediakan portal khusus sekumpulan jurnal dari seluruh dunia. Meskipun begitu, bukan sebuah alasan untuk menormalisasi plagiarisme atau sumber tidak kredibel.

Skripsi melatih pola pikir mahasiswa untuk berpikir saintifik. Jika kamu kebingungan cara memilih jurnal kredibel di akses gratis, maka cobalah tips berikut.

1. Cek Q1-Q4 Jurnal

Periksa kualitas jurnal yang terindeks Scopus Q1-Q4 dari seluruh negara dengan membuka Scientific Journal Ranking. Situs tersebut mudah diakses untuk semua kalangan mahasiswa. Makin tinggi quartile (Q1), maka merupakan tanda jurnal tersebut banyak dijadikan referensi penelitian lain.

BACA JUGA:

2. Perhatikan Domain

Tips selanjutnya yaitu perhatikan domain tempat kamu mecari jurnal. Jurnal kredibel biasanya terdapat pada domain gov., edu., ac., com., org. dan net. Situs tersebut memang diperuntukkan untuk penelitian dan akses pendidikan dari segi jurnal internasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*