7 Alasan Lanjut PhD di Belanda Adalah Keputusan yang Tepat

Para peneliti Indonesia yang ingin ambil PhD di Belanda bertatap muka dengan para profesor dari Belanda di acara PhD Recruitment 2019 di Erasmus Huis Jakarta, Sabtu, 16 November 2019
Para peneliti Indonesia yang ingin ambil PhD di Belanda bertatap muka dengan para profesor dari Belanda di acara PhD Recruitment 2019 di Erasmus Huis Jakarta, Sabtu, 16 November 2019 (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Belanda merupakan salah satu negara tujuan belajar yang diminati oleh pelajar Indonesia. Selain itu, Belanda relatif aman dari Covid-19, sehingga antusiasme pelajar Indonesia juga tinggi.

Meskipun virus terkontrol, bukan serta merta Belanda melonggarkan kebijakannya. Pemerintah Belanda tetap memberlakukan pembatasan untuk urusan pariwisata. Belanda hanya mengizinkan akses keluar masuk bagi pelajar internasional, seperti mahasiswa jenjang PhD.

Melanjutkan PhD di Belanda merupakan sebuah keputusan yang tepat. Selain fasilitas dan keamanan yang mumpuni, ada faktor lain yang menjadi daya tarik. Apa saja?

BACA JUGA:

Jumlah Publikasi yang Banyak

Belanda menempati urutan ke-2 di dunia dalam jumlah publikasi
per peneliti. Setiap peneliti di Belanda memiliki publikasi penelitian yang berdampak. Dengan demikian, Belanda bukan hanya memiliki publikasi yang banyak, tetapi juga menempati urutan ke-2 di dunia dalam dampak penelitian publikasi.

Banyak Mahasiswa Internasional

45% dari semua mahasiswa PhD di Belanda adalah mahasiswa internasional, apalagi Indonesia. Komunitas mahasiswa Indonesia sangat besar dari segala jenjang, termasuk pelajar yang mengambil PhD. Para mahasiswa dapat bertukar pikiran dan menambah koneksi, baik dari sesama negara, maupun antar negara.

Universitas Bersanding dengan Kualitas Top Dunia

Universitas Belanda termasuk dalam peringkat 2% teratas dari universitas top di seluruh dunia. Selain itu, Belanda memisahkan universitas untuk belajar dan universitas untuk riset. Orientasi profesor merupakan riset, maka hanya ada 14 universitas riset yang dapat memberikan gelar PhD.

Di Belanda, penelitian dilakukan oleh universitas riset, lembaga penelitian, dan perusahaan. Namun, karena lembaga penelitian lain umumnya bekerja sama dengan universitas yang orientasinya belajar, maka pihak kampus juga dapat memberikan posisi kepada kandidat PhD. Supaya lebih menemukan gambaran umum, maka riset kecil-kecilan di situs di www.studyinholland.nl/institutions.

Banyak Variasi Bidang Penelitian

Ada banyak variasi bidang penelitian. Variasi tersebut memungkinkan peneliti untuk memperdalam bidangnya secara holistik. Setiap variasi memiliki kolaborasi dengan institusi terkait.

PhD sebagai Peneliti yang Serius

PhD tidak dianggap sebagai belajar tetapi sebagai penelitian yang serius. Tujuan dari melakukan PhD adalah untuk menyelesaikan disertasi berdasarkan penelitian asli. Di Belanda, ini membutuhkan minimal empat tahun penelitian dan penulisan.

Proyek penelitian dan disertasi PhD harus selalu merupakan karya orisinal, karena kandidat diminta untuk memberikan kontribusi orisinal pada badan pengetahuan di bidang mereka.

Disertasi tersebut dipublikasikan dan sebagian sering dijadikan artikel di jurnal internasional. Secara umum, disertasi Belanda adalah
dijunjung tinggi karena mereka memenuhi standar akademik tertinggi.

Banyak Kolaborasi

Kandidat PhD dan supervisor mereka bekerja sama erat. Ada banyak kolaborasi antar disiplin ilmu.

PhD di Belanda adalah kegiatan penelitian dan melibatkan sedikit pekerjaan kursus. Kandidat PhD mulai melakukan penelitian sejak hari pertama. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan ide dan prioritas dalam penelitian mereka sambil mempertahankan kontak dekat dengan supervisornya.

Semua kandidat PhD adalah bagian dari sekolah pascasarjana atau sekolah penelitian. Sekolah-sekolah ini memberi mereka lingkungan penelitian yang menginspirasi dengan program studi, kelas master, seminar dan konferensi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Meneliti Sekaligus Bekerja

Peneliti PhD seringkali merupakan karyawan yang dibayar. Secara umum, kandidat PhD di Belanda dianggap sebagai peneliti profesional daripada mahasiswa. Fakta bahwa mayoritas kandidat PhD dipekerjakan, memperkuat status mereka sebagai peneliti profesional.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*