Duh, Tingkat Pembelajaran Siswa Indonesia 1,5 tahun di Bawah yang Diharapkan

Masuk Sekolah Saat Covid-19
Masuk Sekolah Saat Covid-19 (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Temuan terkini dari Bank Dunia untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama RI dan dengan dukungan dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) menyebutkan pandemi Covid-19 mengancam pencapaian di sektor pendidikan, kecuali jika Indonesia tetap berfokus kepada perlindungan dan pembangunan modal manusianya melalui peningkatan kesetaraan, kapasitas, dan akuntabilitas dalam pembelajaran.

Laporan ini juga menyebutkan bahwa Indonesia berhasil mencapai kemajuan yang patut dipuji selama 15 tahun terakhir dalam memperluas akses kepada pendidikan, dengan peningkatan angka partisipasi siswa hingga lebih dari 10 juta, atau 31 persen sejak tahun 2002. Akan tetapi, beberapa kendala yang signifikan masih harus diatasi.

Hasil pembelajaran siswa sebagaimana terukur pada ujian nasional maupun penilaian internasional masih tetap rendah di semua jenis sekolah, sementara laporan baru ini menunjukkan bahwa secara rata-rata para siswa memiliki tingkat pembelajaran 1,5 tahun di bawah apa yang diharapkan telah dicapai sesuai kurikulum untuk kelas 4.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*