Leiden University Prioritaskan Kesehatan Mental Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

Marrik Bellens sebagai representatif dari Leiden University pada Virtual Holland Scholarship Day (HSD) Jumat, 22 Januari 2021 (KalderaNews/Dok Syasa Halima)
Director KITLV and Leiden University Representative, Marrik Bellens di Virtual Holland Scholarship Day (HSD) pada Jumat, 22 Januari 2021 (KalderaNews/Syasa Halima)

JAKARTA, KalderaNews.com – Acara tahunan Nuffic Neso Virtual Holland Scholarship Day (HSD) 2021 dimeriahkan webinar perguruan tinggi dan presentasi beasiswa pada 22-23 Januari 2021. Pada kesempatan tersebut hadir Marrik Bellens sebagai representatif dari Leiden University.

Sebagai salah satu kampus unggulan di Belanda, ia memaparkan bahwa Leiden University memiliki lima besar topik penelitian mengenai sains dan ilmu sosial. Topik tersebut yaitu Fundamentals of Science, Life Science, Health and Wellbeing, Law, Politics, and Administration, dan Language, Culture, and Societies.

Mahasiswa asing yang mengambil master di Leiden University akan menjalani masa pendidikan keseluruhan selama 1 hingga 2 tahun.

Ia menambahkan pihak universitas juga membantu mahasiswa untuk menemukan jenjang karier setelah lulus. Pembelajaran yang interaktif membuat mahasiswa dapat menyumbangkan ide dan suasana diskusi di kelas menjadi hidup.

BACA JUGA:

Lalu, Leiden menawarkan dua lokasi kampus, yakni Leiden University di Amsterdam dan Campus The Hague di Den Haag. Leiden University College The Hague (LUC) adalah Honors College of Leiden University internasional yang menawarkan program Liberal Arts & Sciences yang inovatif dan mutakhir untuk siswa yang sangat berbakat dan termotivasi dari seluruh dunia.

Selain unggulan dari segi akademik, Leiden University sebagai universitas tertua di Belanda memiliki 24.000 mahasiswa yang tersebar di 6 fakultas. Posisinya yang strategis membuat kampus dekat dengan 13 museum, sehingga mahasiswa dapat belajar seni dan budaya di luar jam kuliah. Berbeda dengan The Hague yang lebih menekankan pada mahasiswa berlatar belakang multi kultural.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, Leiden University memberikan bantuan konseling untuk para mahasiswa. Pentingnya keamanan dan kesehatan mental mahasiswa menjadi prioritas kampus agar mahasiswa, baik lokal maupun internasional, tetap terhubung dan sehat secara fisik dan mental. Bahkan, Leiden menyiapkan layanan konseling khusus mahasiswa yang tinggal di Indonesia karena terkendala jarak pada nomor 081380900465.

Selain itu, Leiden menerapkan dua opsi pembelajaran selama masa pandemi, yaitu tatap muka jika memungkinkan dengan penerapan protokol kesehatan ketat, lalu opsi selanjutnya yakni kelas daring ketika tatap muka tidak memungkinkan. Hal ini berlaku untuk seluruh mahasiswa, baik lokal maupun internasional.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*