Intip Keindahan 5 Masjid Cheng Ho di Indonesia

Salah Satu Masjid Cheng Ho di Palembang (KalderaNews.com/Ist)
Salah Satu Masjid Cheng Ho di Palembang (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi Anda penikmat sejarah, sosok Laksamana Cheng Ho tentu sudah tidak asing di telinga. Berasal dari Provinsi Yunnan, Tiongkok, Cheng Ho dikenal sebagai seorang diplomat yang mampu menaklukkan samudra dengan cara damai.

Tidak hanya diingat sebagai pemimpin yang baik, Laksama Cheng Ho juga terkenal akan peninggalan berupa bangunan Masjid yang memasukkan unsur budaya China dalam desainnya.

Yuk jalan-jalan melihat Masjid Cheng Ho di beberapa daerah di Indonesia:

BACA JUGA:

1. Masjid Cheng Ho Surabaya

Bagi kamu warga Surabaya atau sedang berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke Masjid Cheng Ho di Jl. Gading No.2, Ketabang, Surabaya. Masjid yang dibangun untuk mengenang sang Laksamana ini memiliki ciri unik lafadz Allah pada fasat depan bangunan.

Sementara itu, masjid yang didominasi oleh warna merah, hijau tua, dan kuning keemasan ini memakai gaya arsitektur yang terinspirasi dari Masjid Nii Xie, Beijing.

2. Masjid Cheng Ho Pasuruan

Masih di pulau Jawa, Masjid Cheng Ho juga hadir di Jl. Raya Kasri 18, Petungsari, Pasuruan Jawa Timur. Masjid yang mulai dibangun pada 2003 lalu ini memadukan tiga gaya arsitektur sekaligus yaitu Jawa, Arab, dan Tiongkok.

Jika berkunjung ke sini, bagian atap dengan bentuk pagoda khas Tiongkok akan langsung menarik mata kamu.

3. Masjid Cheng Ho Palembang

Catatan sejarah menyebutkan, Laksamana Cheng Ho mengunjungi Palembang sebanyak 7 kali. Selama itu, ia banyak menumpas bajak laut dan menciptakan kawasan perairan yang lebih tertib.

Untuk mengenang kunjungan serta pengaruh ajaran Islam yang dibawanya, dibangunlah Masjid Muhammad Cheng Ho. Masjid yang terletak di Seberang Ulu 1 ini memadukan gaya arsitektur China dan Melayu dalam bangunan dua lantai dengan daya tampung hingga 600 jemaah.

4. Masjid Cheng Ho Jember

Baru diresmikan 2015 lalu, sekilas bangunan masjid ini sangat mirip dengan klenteng. Gaya arsitektur serta ornamen khas Tiongkok yang memenuhi seluruh ruangan terlihat begitu indah.

Dengan luas bangunan 350 meter persegi, Masjid ini memiliki menara dengan atap pagoda 5 lapis yang melambangkan 5 rukun Islam. Sementara itu, selain digunakan untuk beribadah Masjid ini juga aktif dipakai untuk kajian Al-Quran dan kajian bagi mualaf.

5. Masjid Cheng Ho Purbalingga

Sama seperti masjid Cheng Ho lainnya, unsur budaya China begitu terasa ketika kamu menginjakkan kaki ke dalamnya. Tidak mengherankan, dalam pembangunannya, Masjid ini menggabungkan gaya arsitektur Jawa, Arab, dan Tiongkok sekaligus.

Kini, Masjid yang diresmikan 2011 itu menjadi andalan warga setempat serta tempat wisata religi yang sering dikunjungi para pelancong. Jika berada di Purbalingga, sempatkan untuk berkunjung ke Masjid yang beralamat di Dusun 3, Selaganggeng, Mrebet ya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*