Semarakkan Hari Arsitektur Nasional 18 Maret, HIMARASKARA Universitas Pembangunan Jaya Helat Archworks 2021




Virtual walk tour Archworks 2021 yang dihelat Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)
Virtual walk tour Archworks 2021 yang dihelat Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) (KalderaNews/JS de Britto)

TANGERANG, KalderaNews.com – Hari Arsitektur Nasional diperingati setiap tanggal 18 Maret untuk memberikan penghargaan berbagai sosok inspiratif yang berkontribusi dalam perkembangan dunia arsitek di Indonesia.

Masih dalam semarak Hari Arsitektur Nasional, Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARASKARA) Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menghelat Archworks 2021. Archworks 2021 berlangsung 8-20 Maret 2021 secara online melalui platform Wix dan Universitas Pembangunan Jaya.

Marketing Department Universitas Pembangunan Jaya, Nina Efriliana Ginting pada KalderaNews menyampaikan dengan mengusung konsep New Normal: New Paradigm on Architectural Space yang diambil dari isu pandemic COVID-19 yang menciptakan era New Normal, Archworks hadir dengan sejumlah rangkaian acara yaitu  webinar, design competition, virtual exhibition dan closing pada 20 Maret 2021.

BACA JUGA:

Pandemi menciptakan era New Normal, sebuah transisi dari masa karantina menuju kehidupan normal berlangsung. Archworks 2021 menjadi awal baru bagi perubahan melewati transisi pandemi yang berlangsung.

Arsitektur diharapkan menjadi wadah untuk memfasilitasi seluruh perubahan kegiatan manusia di masa transisi ini. Tujuannya manusia memiliki paradigma atau pola pikir baru untuk keberlangsungan hidup di era pandemi saat ini. Peran manusia sangat penting dalam perubahan ini, pembentukan sebuah ruang tidak dapat terlepas dari kebutuhan setiap individu.

Archworks 2021 bertujuan untuk mendukung perubahan masyarakat melewati masa transisi pandemi menjadi era New Normal dengan menekankan perubahan paradigma atau pola pikir masyarakat.

Seminar dilaksanakan secara online melalaui platform zoom dengan arsitek Rubi Roesli dan Jang Rony Yuwono sebagai pembicara. Ditambah dengan sayembara yang mengadaptasi konsep public space dengan tema new normal di Universitas Pembangunan Jaya.

Selain webinar dan design competition, Archworks 2021 juga menghadirkan virtual exhibition yang menceritakan perjalanan era sebelum pandemi hingga terbentuknya era New Normal.

Virtual Exhibition ini diharapkan dapat mendorong dan mengundang masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam mendukung perubahan paradigma di era New Normal.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*