Idul Fitri Sebentar Lagi, Simak 4 Trik Jitu Belanja Lebaran yang Auto-Hemat

Ilustrasi orang belanja di toko serba ceban (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi orang belanja di toko serba ceban (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Lebaran atau perayaan Hari Raya Idul Fitri 2021 tinggal menghitung hari. Kamu sudah berbelanja untuk keperluan Lebaran?

Meskipun perayaan Idul Fitri dirayakan di rumah saja, namun kamu tetap harus menjaga penampilan dan memenuhi kebutuhan. Maka, dibutuhkan cara belanja hemat menjelang Lebaran agar pengeluaran bisa terkendali dan tak boros.

BACA JUGA:

Nah, agar kamu bisa belanja dengan lebih terkontrol, berikut beberapa trik jitu belanja hemat menjelang Lebaran 2021:

Catat semua kebutuhan yang dibutuhkan

Trik pertama belanja hemat adalah mengetahui dan kemudian mencatat semua kebutuhan yang diperlukan. Tentukan barang apa saja yang benar-benar akan terpakai saat itu. Dari daftar kebutuhan tersebut, kamu bisa membuat skala prioritas.

Dengan demikian, kamu akan berbelanja barang-barang yang memang menjadi kebutuhan saat perayaan Lebaran nanti. Dan ketika berbelanja, hindari berbelanja secara acak, karena secara tidak sadar hal itu bisa menguras isi kantong kamu.

Buatlah anggaran belanja

Trik kedua adalah dengan membuat anggaran belanja selama Lebaran dan berbelanja sesuai dengan porsi anggaran yang ada. Dengan membuat anggaran, kamu akan bisa mengontrol kebiasaan belanja.

Anggaran belanja ini juga akan membiasakan kamu untuk menabung. Karena prinsip utama menabung adalah menyisihkan pendapatan di awal, bukan sisa anggaran.

Jangan membeli barang pertama yang dilihat

Cara ketiga adalah hindari membeli barang pertama yang kamu lihat, baik berbelanja langsung di mal maupun berbelanja secara online. Sebaiknya kamu mencari barang serupa di 3 atau 5 toko berbeda. Hal ini untuk membanding kualitas dan harga.

Maka, jangan terburu-buru dalam membeli barang, agar kamu tidak menyesal. Pastikan bahwa barang yang akan kamu beli adalah barang dengan pilihan dan harga yang terbaik.

Jangan mudah tergiur promo dan diskon

Menjelang Lebaran tentu kamu akan dihadapkan dengan aneka promo dan diskon. Jangan mudah tergiur dengan rayuan promo dan diskon. Tetaplah fokus pada catatan belanja yang telah dibuat dan belilah barang yang memang dibutuhkan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*