PlasmaHub, Platform Plasma Konvalesen yang Menampung 600-an Pemohon dalam 3 Pekan, Wow!

Sharing for Empowerment

Sedangkan fitur Screening Reminder adalah fitur yang berfungsi untuk mengingatkan calon pendonor agar melakukan screening menjelang pelaksanaan donor plasma konvalesen. Alur kerjanya adalah calon pendonor akan mendapatkan notifkasi pengingat melalui aplikasi WhatsApp pada hari ke-14 pascakesembuhan dari Covid-19 atau pada saat donor terakhir.

Salah satu dampak yang diharapkan dari fitur Screening Reminder ini adalah juga untuk mendorong penyintas Covid-19 mau memberikan plasma konvalesennya ke Palang Merah Indonesia (PMI). Agus Budi Raharjo mengatakan, “Secara tidak langsung, PlasmaHub juga membantu PMI untuk meningkatkan stok plasma konvalensen.”

Ketua KOmunitas Ikatan Alumni Penyintas Covid-19 Jawa Timur, Edy Sukotjo, menambahkan bahwa saat ini ketersediaan plasma konvalensen di Jawa TImur, khususnya wilayah Surabaya sudah membaik disbanding beberapa pekan lalu, dan berharap PlasmaHub segera dikembangkan agar dapat merambah daerah-daerah lain.

Platform PlasmaHub sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses di laman plasmahub.its.ac.id. Kehadiran platform PlasmaHub ini sendiri didukung oleh berbagai pihak stakeholder seperti mitra komunitas Ikatan Alumni Covid-19 Jawa Timur, Komunitas Sahabat Donor Darah, Pusat Unggulan Iptek – Artificial Intelligence for Healthcare and Society (PUI-AIHeS) ITS, dan kelompok pengusaha.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*