Ramuan Daun Krokot dan Stevia untuk Pereda Nyeri Haid, Hasil Racikan Mahasiswa UNY

Budidaya daun krokot di sekitar rumah. (KalderaNews.com/Dok.Ist)
Budidaya daun krokot di sekitar rumah. (KalderaNews.com/Dok.Ist)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meracik teh herbal yang dinamai Krovia Tea, yang terbuat dari daun krokot dan stevia yang bermanfaat meredakan nyeri saat haid. Ketiga mahasiswa ini adalah Risma Wulansari prodi pendidikan akuntansi, Lisa Utari prodi akuntansi dan Zulfi Dimas Rakhmadya prodi biologi.

Nyeri saat datang bulan menjadi momok bagi kebanyakan perempuan. Rasa ini sering kali sangat menyiksa, terutama di awal-awal datang bulan. Dari beberapa hasil penelitian, nyeri ini dapat diatasi dengan asupan Omega-3.

Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan ketiga mahasiswa UNY ini menemukan bahwa salah satu jenis tanaman krokot (portulaca oleraceae), ternyata memiliki kandungan Omega-3 yang cukup tinggi dan efektif sebagai pereda nyeri haid. Tanaman liar ini biasa ditemuka di tempat-tempat berair, juga di galangan-galangan sawah. Selama krokot dinikmati oleh masyarakat luas sebagai sayuran.

BACA JUGA:

Untuk dapat menjadi anti nyeri haid, tanaman ini diolah menjadi bentuk the dan dikombinasikan dengan daun stevia. Menurut Risma krokot yang selama ini dianggap tanaman liar yang kadang juga digunakan sebagai makanan ternak, ternyata dalam 100 g daun krokot kering terdapat kandungan 1606mg omega-3.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*