Lulus Tanpa Skripsi? Simak Tip dari Mahasiswa UMM Ini

Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

MALANG, KalderaNews.com – Skripsi kerap jadi momok bagi mahasiswa tingkat akhir. Mulai dari menentukan tema, mengumpulkan referensi, menyusun instrumen dan pengumpulan datanya hingga proses pembimbingan dengan dosen pembimbing.

Rangkaian proses penyusunan skripsi tersebut sering dianggap sebagai bagian menyelesaikan jenjang S-1 yang menakutkan. Sering pula ada anggapan bahwa tanpa proses skripsi  tersebut, lulus kuliah merupakan utopia belaka.

BACA JUGA:

Padahal, ada cara lain yang dapat ditempuh untuk dapat lulus tanpa harus menyusun skripsi. Menarik, kan? Simak cara jitu lulus tanpa skripsi dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Di UMM, setidaknya terdapat tiga mahasiswa yang dapat lulus tanpa skripsi. Mereka yang berasal dari program studi Manajemen UMM itu antara lain: FItrah Ashary Bangun, Andhika Rahmat, dan Igo Ilham Hilabi.

Kelulusan mahasiswa tanpa skripsi ini juga tidak lepas dari kebijakan Progam Studi Manajemen yang  mengizinkan untuk mengganti skripsi dengan publikasi jurnal bereputasi. Dosen pembimbing UMM, Dr. R. Iqbal Robbie, SE.,MM, mengatakan bahwa pilihan cara menyelesaikan tugas akhir sudah dilakukan program studi Manajemen sejak beberapa tahun yang lalu, salah satunya adalah mengganti penyusunan skripsi dengan pembuatan jurnal yang dipublikasikan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*