Orang Tua Harus Paham, Ternyata Ini Tanda Anak Siap Masuk Sekolah

Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar
Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Selama ini, umur anak selalu dijadikan patokan bagi orang tua untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah. Biasanya anak yang sudah berusia 4-5 tahun, orang tua langsung berpikiran bahwa anak telah siap untuk masuk sekolah.

Padahal kesiapan anak untuk bersekolah tidak sebatas dari usianya saja. Ada tanda perkembangan dan perilaku anak yang harus diperhatikan juga oleh orang tua. Tanda perkembangan inilah yang menjadi tanda bahwa anak sudah siap atau belum untuk mulai bersekolah.

BACA JUGA:

Inilah tanda anak yang siap masuk sekolah yang harus dipahami orang tua.

Anak tertarik dengan alat tulis

Tanda pertama yang ditunjukkan anak bahwa ia siap bersekolah yaitu mulai tertariknya dengan alat tulis. Bisa dengan ia mulai sering meminta kertas dan pensil.

Antusias saat dibacakan buku cerita

Cara ini akan terlihat saat dibacakan buku cerita dan orang tua dapat melihat reaksi anak saat mendengarkan ceritanya. Anak yang sudah siap bersekolah akan antusias saat dibacakan buku cerita dan menunjukkan berbagai respons.

Tertarik dengan hal yang berkaitan dengan sekolah

Tanda lain bahwa anak sudah siap untuk bersekolah yaitu dari ketertarikannya. Atau bahkan anak mulai meminta untuk disekolahkan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*