Cekidot! 9 Bidang Keahlian Ini Harus Kamu Pahami Dulu Bila Akan Daftar SMK




Ilustrasi: Praktik SMK

JAKARTA, KalderaNew.com – SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan adalah sekolah pada tingkat setelah SMP yang khusus mempelajari keahlian tertentu. Di SMK kamu akan banyak belajar tentang pelajaran secara praktik langsung. Sebab lulusan SMK diproyeksikan untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Bila kamu memilih SMK untuk melanjutkan pendidikan, sebaiknya kamu mengenali bidang-bidang keahliah di SMK terlebih dahulu. Hal ini agar kamu tidak sampai merasa salah jurusan dan dapat menikmati proses belajar dengan menyenangkan.

BACA JUGA:

Inilah 9 bidang keahlian yang ada di SMK yang dapat menjadi pilihan untukmu. Cekidot, gaes!

Seni Industri Kreatif

Alternatif jurusan yang dapat kamu pilih bila kamu ingin mengambil bidang ini adalah Seni Tari, Seni Pedalangan, Seni Teater, Seni Kawaritan, dan Seni Broadcasting dan Film.

Agribisnis Agroteknologi

Terdapat lima jurusan bila kamu ingin mendalami bidang Agribisnis dan Agroteknologi, yakni” Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Kesehatan HEwan, Kehutanan, Agribisnis, dan Tanaman.

Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

Bidang keahlian ini juga tidak akan pernah sepi peminat. Jurusan yang dapat kamu pilih bila ingin berkarier di bidang ini adalah Pekerjaan Sosial, Kesehatan Gigi, Keperawatan, dan Farmasi.

Pariwisata                                         

Bidang Pariwisata juga merupakan bidang yang menarik untuk dipelajari. Pada bidang ini pula terbuka banyak kesempatan bila kamu ingin berkarier. Jurusan pada bidang ini adalah: Tata Kecantikan, Tata Busana, Kuliner, serta Perhotelan dan Jasa Pariwisata.

Bisnis Manajemen

Bila kamu ingin berkarier dan bekerja di bidang ini, terdapat tiga pilihan jurusan buatmu, yaitu Akuntansi dan Keuangan, Bisnis dan Pemasaran, dan Manajemen Perkantoran.

Teknologi dan Rekayasa

Bidang ini memiliki pilihan jurusan yang paling banyak dibanding dengan bidang lain. 12 jurusan dalam bidang ini antara lain: Teknik Elektronika, Tekni Ketenagalistrikan, Teknik Perkapalan, Teknologi Tekstil, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Grafika, Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Konstruksi Properti, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Instrumental Industri.

Kemaritiman

Bila kamu memilih bidang ini, terdapat tiga jurusan yang tersedia yakni Perikanan, Pengolahan Hasil Perikanan, dan Pelayaran Kapal Niaga.

Teknologi Informasi

Dalam bidang keahlian ini terdapat 2 program yaitu Teknik Telekomunikasi dan Teknik Komputer Informatika.

Energi Pertambangan

Bidang keahliah ini memiliki dua jurusan yakni Geologi Pertambagan dan Teknik Perminyakan.

Dari 9 bidang keahlian tersebut di atas, kamu dapat mencari SMK terbaik yang ada di kotamu dan mendaftar sesuai dengan prosedur yang mereka tentukan. Good luck!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*