Journaling di Tahun 2022, Inilah Manfaatnya bagi Kesehatan Mental Kita

Ilustrasi menulis (KalderaNews/Ist)
Menulis (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.comJournaling merupakan hobi baru yang baru hits beberapa tahun terakhir. Ternyata tidak hanya menjadi sebuah hobi saja, journaling juga banyak memberi manfaat pada perkembangan diri pribadi kita.

Bagi kamu yang belum pernah memulai journaling tahun-tahun lalu, kamu masih bisa memulainya sekarang. Beragam manfaat journaling berikut haruslah kamu pahami agar makin rajin membuat journaling.

Journaling merupakan kegiatan menuangkan seluruh pikiran dan perasaan kamu ke dalam bentuk tulisan supaya kamu bisa memahaminya secara lebih jelas. Sederhananya, journaling sama seperti menulis diary.

BACA JUGA:

Di dalam journaling kamu bisa dan boleh menulis apapun yang kamu mau. Kamu bisa menulis isi pikiranmu, kejadian yang baru saja kamu alami, rencana atau planning dan goals yang ingin kamu capai atau bahkan emosi yang sedang kamu rasakan.

Bedanya, ketika menulis diary, orang akan cenderung menulis hal-hal yang bersifat privasi dan menutup rapat diary itu dari orang lain. Kalau dalam journaling kita bebas mau menulis apa saja. Bisa yang bersifat privasi, boleh juga tidak. Boleh tentang keajdian masa lalu atau rencana masa depan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*