Journaling di Tahun 2022, Inilah Manfaatnya bagi Kesehatan Mental Kita

Sharing for Empowerment

Menulis di kertas akan membuatmu lebih bebas berekspresi, mau dicoret, digunting, dilipat, dilem bebas kamu lakukan. Hal ini tidak bisa kamu dapati bila kamu membuat journaling di gawai. Menulis di kertas juga melibatkan unsur tarian dan melodi yang dilibatkan, sehingga tulisan kita akan memiliki emosi. Oleh karena itu, journaling lebih dianjurkan dilakukan kertas atau buku.

Manfaat journaling itu sendiri ternyata dapat menurunkan tingkat depresi dan anxiety, serta meningkatkan kualitas hubungan sosial manusia. Selain itu, journaling juga membuat sel imun T-lymphocytes dalam tubuh menjadi makin kuat, menurunkan tekanan darah yang tinggi, serta meningkatkan kualitas tidur kita.

Kegiatan journaling yang melibatkan penerapan dari kedua belah otakkita sekaligus memberikan manfaat lain yakni membantu menghilangkan hambatan mental pada diri kita. Selain itu, hal ini juga memungkinkan kita menggunakan lebih banyak kekuatan otak untuk lebih memahami diri kita sendiri dan dunia di sekitar kita.

Kita akan menggunakan lebih banyak kekuatan otak untuk lebih memahami diri kita sendiri dan dunia di sekitar kita. Manfaat journaling yang berikutnya adalah melatih kreatifitas karena kita bisa melakukannya di mana pun dan kapan saja.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*