Inilah Link Resmi dan Info Lengkap Program Pertukaran Mahasiswa ke Luar Negeri Khusus Vokasi (IISMA) 2022

Sepeda menjadi kendaraan alternatif yang banyak dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa di Belanda
Sepeda menjadi kendaraan alternatif yang banyak dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa di Belanda (KalderaNews/Fajar H)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi tahun 2022 telah resmi dibuka. Program ini menjadi salah satu implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa vokasi di Indonesia untuk belajar selama satu semester di kampus luar negeri sekaligus magang di industri yang menjadi mitra kampus tersebut.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan melalui program ini, pemerintah akan memfasilitasi mobilitas mahasiswa vokasi ke perguruan tinggi terkemuka di luar negeri sehingga dapat melompat ke masa depan dengan membuktikan peran yang lebih besar, yang bermakna dalam mengatasi isu-isu global.

Ia menambahka program ini tidak hanya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bekerja tetapi akan melahirkan calon-calon pemimpin yang menguatkan posisi Indonesia di panggung dunia. Selain itu, Menteri Nadiem menuturkan program ini juga menjadi cara pemerintah untuk terus menghilangkan sekat-sekat antara pendidikan vokasi dengan industri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*