Hebat, Siswa SMA Saint Peter Kelapa Gading Ini Juara 2 Olimpiade Bahasa Jerman di Hamburg




Wilbert Thamrin dari Indonesia bersama Archil Benashvili dari Georgia, Sudaiss Shahid dari Pakistan, Tekla Mkheidze dari Georgia, Atrisa Shahbazi dari Iran, dan Escarlet Tapia Minero dari Meksiko
Wilbert Thamrin dari Indonesia bersama Archil Benashvili dari Georgia, Sudaiss Shahid dari Pakistan, Tekla Mkheidze dari Georgia, Atrisa Shahbazi dari Iran, dan Escarlet Tapia Minero dari Meksiko (Foto: DPA)

HAMBURG, KalderaNews.com – Siapa bilang kemampuan bahasa Jerman pelajar Indonesia tidak bagus? Terbukti pelajar dari SMA Saint Peter Kelapa Gading Jakarta, Wilbert Thamrin ini menjadi juara 2 ajang Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022 pada level bahasa B2 (tingkat lanjut) yang digelar di Hamburg, Jerman, 25 Juli-5 Agustus 2022.

Ia unggul di antara 107 pelajar tingkat SMA berusia 14-17 tahun dari 56 negara. Juara 1 kompetisi ini diraih pelajar dari Romania Teodora Smîntanc-Strugariu dan juara 3 diraih pelajar dari Georgia bernama Tekla Mkheidze.

Olimpiade Bahasa Jerman dihelat Goethe-Institut bekerja sama dengan Asosiasi Guru Bahasa Jerman Internasional dan melombakan tiga level bahasa Jerman yakni A2, B1, serta B2.

BACA JUGA:

Selain diuji keterampilan berbahasa Jerman, para peserta juga dinilai dari kompetensi komunikasi antarbudaya dan kerja tim di tingkat internasional, kreativitas, hingga kemampuan improvisasi.

Dua dari tiga tugas dalam kompetisi ini dilakukan secara berkelompok. Per kelompok, diisi tiga hingga empat orang.

Wilbert tiba di Hamburg sejak 3 Juli 2022 dan mengikuti kursus bahasa Jerman di Goethe-Institut Hamburg selama tiga minggu, namun pada 26 Juli lalu ia dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di hotel.

Karena tidak kebagian kelompok saat presentasi, ia pun harus presentasi sendirian selama sekitar 10 menit dengan “Masa Depan” dengan fokus pada gambaran kota-kota dari berbagai negara yang terancam tenggelam, termasuk Jakarta.

Meski isolasi mandiri ian mengaku siap bertempur dalam olimpiade ini karena sudah mengikuti kursus tiga minggu di Goethe-Institut Hamburg dan 5 hari di Goethe-Institut Jakarta sebelum bertolak ke Jerman.

Sebelumnya, Wilbert juga menjadi juara satu Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2022 yang diselenggarakan Goethe-Institut Indonesien pada 24-25 Januari 2022 lalu secara daring.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*