Selamat, Poster Karya Pelajar Indonesia Sabet Medali Emas di International High Schools Arts Festival




Saffana Nur Astutiningtyas dan karya posternya. (Dok.Puspresnas)
Saffana Nur Astutiningtyas dan karya posternya. (Dok.Puspresnas)

PEKANBARU, KalderaNews.com – Poster karya Saffana Nur Astutiningtyas, siswi SMAN 8 Pekanbaru, Riau berhasil menyabet medali emas di ajang 23rd International High Schools Arts Festival di Tokyo, Jepang.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Hendarman merasa bangga dengan prestasi pelajar Indonesia ini.

“Selamat kepada adik kita Saffa yang meraih medali emas di ajang International High Schools Arts Festival. Terus berkarya dan berprestasi untuk Indonesia,” kata Hendarman.

BACA JUGA:

Hendarman mengatakan, selain di bidang sains, bidang lainnya seperti seni budaya dan olahraga juga harus dikembangkan dan diikuti pelajar Indonesia.

Ajang International High Schools Arts Festival bertujuan untuk meningkatkan kreativitas di bidang seni, terutama poster dan lukisan, serta menambah pengalaman seni dan budaya bagi para siswa pendidikan menengah lintas negara.

Ajang internasional ini diikuti 13 negara untuk kategori poster dan lukisan. Selain kategori tersebut, ada juga kategori untuk seni dan budaya Jepang. Pada kategori poster dan lukisan, setiap negara mengirim maksimal empat nominasi karya terbaik kepada IFAC untuk kemudian dipilih satu pemenang dari setiap negara untuk hadir pada acara penganugerahan pemenang.

Saffa Nur Astutiningtyas sendiri adalah peraih medali emas di ajang talenta Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021 pada bidang seni poster.

“Saya sangat senang dan bangga bisa mewakili Indonesia dalam festival ini, apalagi ajang ini diikuti oleh berbagai negara dari beberapa benua. Walaupun kita masih dalam masa pandemi, tetapi saya sangat senang masih bisa memiliki kesempatan untuk berprestasi dari rumah dan bisa membawa nama sekolah dan provinsi saya, apalagi mewakili Indonesia,” kata Saffa.

Karya poster Saffa menyerukan tema “Bangkit Dari Kelumpuhan, Tunjukkan Pada Dunia Siapa Kita.” (Rise From Consternation, Show The World Who We Are).

“Tema ini memberikan makna bahwa bangkit dari kekhawatiran, tunjukkan pada dunia siapa kita adalah salah satu ekspresi mewakili bangsa. Di masa sulit ini, mari saling menghibur, dalam bahtera kita sendiri, menghadapi badai. Dari kekhawatiran ini, mari kita tinggalkan badai. Bangkit! Untuk wajah yang bertahan, saling berpegangan tangan dan tunjukkan pada dunia siapa kita. Itulah yang saya pikirkan ketika membuat konsep poster ini,” kata Saffa.

“Di Indonesia, kami menemukan keajaiban kecil dengan saling menghibur. Dalam bahtera besar kami, kami saling menghibur. Seni salah satu caranya. Indonesia adalah bangsa multikultural yang merupakan suatu kebanggaan untuk ditunjukkan. Ekspresi yang penuh warna, masakan yang gurih, tempat yang berkesan, dan sejarah. Kita belajar mengenal diri kita lagi dan menemukan kenyamanan dalam banyak hal,” imbuh Saffa.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*